Berikut Tips Kelola Keuangan di Masa Kritis

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 622 2460467 berikut-tips-kelola-keuangan-di-masa-kritis-DhK0uIxsGo.jpeg Uang Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memiliki dana darurat sangat penting terlebih di masa pandemi. Namun, yang terjadi saat ini kebanyakan orang ketika memiliki penghasilan langsung dialokasikan pada investasi.

Lalu, bagaimana mengelola keuangan yang tepat di masa kritis sekarang ini?

Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie mengatakan masa kritis akibat pandemi mendorong seseorang mau tidak mau harus bisa memiliki penghasilan agar dapat mencukupi kebutuhan hidup. Tidak cukup sampai disitu, melainkan uang tersebut harus dapat dikelola dengan baik.

“Sekarang ini kebanyakan orang langsung lari ke investasi karena dipandang bisa cepat kaya. Padahal hal itu sebenarnya salah. Melainkan seharusnya seseorang memikirkan dulu bagaimana dapat menambah kapasitas pendapatan, langkah berikutnya adalah menyisihkan uang tersebut untuk dana darurat, terakhir baru uang tersebut bisa dialokasikan pada investasi,” bebernya dalam live Instagram Bukuerlangga, dikutip Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Gaji Dipotong? Ini 4 Tips Kelola Keuangan Selama Pandemi Covid-19

Ketika penghasilan sudah dimiliki, kata Prita, di situasi sulit seperti sekarang ini penggunaan uang perlu hati-hati. Justru, jika mengeluarkan uang dengan penuh kehati-hatian, niscaya ide kreatif untuk menambah penghasilan akan muncul.

“Misalnya temen-temen punya tabungan sebelumnya atau punya penghasilan tapi uangnya nggak jelas buat apa, saran saya uang itu boleh dipakai dulu untuk hidup. Tetapi, harus hati-hati waktu ambil tabungan itu. Karena, dengan kita tidak memikirkan ‘kita besok makan pakai uang dari mana’, kita tuh jadi bisa berfikir kreatif untuk bisa dapat uang tambahan,” tuturnya.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Sambil Bantu Ekonomi RI, Begini Caranya

Disamping itu, tak dipungkiri pada masa pandemi mendapatkan pekerjaan memang sulit. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan mencari lowongan segiat mungkin. Prita mengatakan kunci dari hal ini adalah seseorang perlu membuka diri dengan tidak gengsi mengenai penghasilan yang didapat.

Selain cara itu, ia menyebut, para pejuang cuan juga dapat mencari celah dengan berjualan sesuatu yang bisa dijajakan dalam market place. Lalu, berikutnya gali kemampuan yang ada di dalam diri. Sebab, yang dapat menolong diri kita dimasa sulit adalah skill atau kemampuan itu sendiri.

“Misalnya, punya kemampuan menulis, mengajar, memasak, menjahit atau yang lainnya. Nah ini yang harus temen-temen gali, serta niat mau maju. Ini penting,” katanya.

“Dari cara-cara itulah kita bisa berpeluang untuk dapat menambah penghasilan kita dan setelah mendapatkannya, uang itu bisa dikelola termasuk menyisihkan dana darurat,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini