Resign di Tengah Pandemi? Coba Pikir-Pikir Dulu Deh

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 622 2460779 resign-di-tengah-pandemi-coba-pikir-pikir-dulu-deh-7NQmJPbhn3.jpg Karyawan (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTAKaryawan melakukan pengunduran diri atau resign bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di tengah situasi pandemi pun pengunduran diri bisa terjadi. Beragam faktor menjadi tolak ukur mereka untuk keluar dari tempat kerjanya.

Faktor yang muncul bisa berasal dari dalam diri seseorang atau lingkungan yang tidak mendukung. Alasan resign yang mendorong karyawan mengundurkan diri dari faktor internal umumnya seperti jenuh, merasa tidak kompeten dengan kemampuan atau latar belakang pendidikan, serta gaji yang kecil dianggap tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup.

Sedangkan faktor lingkungan atau dari luar seperti konflik internal dengan atasan/teman sekantor, menikah atau ada larangan dari pihak lain.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Pekerjaan Bahayakan Kesehatan

Kendati demikian, ketika ingin mengundurkan diri dari perusahaan di tengah pandemi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan berhenti bekerja.

Baca Juga: 5 Tips agar Lebih Kompeten di Tempat Kerja

Dilansir dari laman media sosial Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, karyawan harus memperhitungkan kondisi keuangan yang sehat. Pastikan tabungan dan dana darurat aman setidaknya untuk enam bulan ke depan.

“Tak hanya itu, karyawan juga perlu memastikan sudah mencari pekerjaan baru 1-2 bulan sebelumnya. Sebab, proses rekrutmen bisa memakan waktu yang lama,” tulis catatan tersebut, dikutip Rabu (25/8/2021).

Kemudian, hal yang dapat jadi bahan pertimbangan lainnya, jenjang karir sudah aman. “Artinya, karyawan pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah posisi yang dilamar memiliki jenjang karir yang cukup baik atau tidak,” bunyi catatan Kemnaker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini