Waspada Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi, Lakukan 5 Hal Ini

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 622 2464585 waspada-pinjol-ilegal-berkedok-koperasi-lakukan-5-hal-ini-tppd187aY0.jpg Waspada Pinjaman Online Berkedok Koperasi (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Sebanyak 3.365 pinjaman online (pinjol) ilegal telah dihentikan operasionalnya oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Adapun 7.128 pengaduan masuk dari masyarakat terkait pinjol ilegal.

Terkait hal tersebut, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) memastikan, bahwa tidak ada satu pun koperasi yang terdaftar sebagai pelaksana pinjaman online.

“Lebih dari 3.000 pinjol telah dihentikan operasinya. Setelah dilakukan penyidikan, tidak ditemukan satupun pinjol ilegal yang berbadan koperasi,” tulis akun Instagram Kementerian Koperasi dan UKM, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Waspada Jasa Pinjol Ilegal! Ini Ciri-Cirinya

Lebih lanjut, Kemenkop UKM mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terkait jasa pinjol ilegal. Oleh sebab itu, sebagai upaya mitigasi ada beberapa hal yang bisa dipastikan masyarakat.

Baca Juga: MUI Sebut Pinjol Haram, Begini Penjelasan OJK

“Sebagai upaya mitigasi, masyarakat diharap waspada dan memastikan hal-hal sebagai berikut,” ujar Kementerian Koperasi dan UKM.

Berikut hal-hal yang bisa dipastikan masyarakat:

1. Legalitas koperasi simpan pinjam atau badan hukum dan izin usaha simpan pinjam dapat dikonfirmasi melalui situs data Koperasi KemenKopUKM (nik.depkop.go.id).

2. Koperasi simpan pinjam tidak boleh melakukan kegiatan usaha yang menyimpang dari prinsip dan jatidiri koperasi.

3. Pelayanan koperasi simpan pinjam hanya berlaku bagi anggota.

4. Kepatuhan koperasi simpan pinjam, misal rapat anggota, diselenggarakan tepat waktu dan hasilnya dapat diakses seluruh anggota.

5. Bunga pinjaman yang wajar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini