Sri Mulyani Tak Butuh Lagi Mesin Fotocopy

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 320 2465212 sri-mulyani-tak-butuh-lagi-mesin-fotocopy-6fTADBLhTB.jpg Sri Mulyani soal Mesin Fotocopy (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, anggaran belanja untuk membeli mesin fotocopy tidak diperlukan lagi. Hal ini melihat tren perkembangan digital yang begitu pesat di tengah pandemi Covid-19.

Banyak pekerjaan yang kini beralih ke digital seiring penerapan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

"Kita sudah memulai office automation. Banyak sekali, hampir semua nota dinas tidak lagi di-print. Belanja kita seperti mesin fotocopy sudah tidak relevan lagi sekarang," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (2/9/2021)

Sri Mulyani menambahkan, Kemenkeu akan meningkatkan belanja untuk bidang digital, sehingga transformasi bisa berjalan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

"Ini tidak sederhana, terutama bicara mengenai budaya organisasi efisiensi ternyata milenial kalau online itu terbatas. Jadi harus tetap tatap muka," katanya.

Saat ini, realisasi anggaran Kementerian Keuangan tidak termasuk Badan Layanan Umum (BLU) mencapai Rp19,9 triliun sampai dengan akhir Agustus 2021. Angka ini setara dengan 63,65% dari pagu sebesar Rp31,3 triliun.

"Kinerja Kemenkeu dari sisi capaian anggaran kita semua non BLU dan realisasinya sampai dengan Agustus akhir 19,9 triliun atau 63,6%," ujarnya.

Selanjutnya untuk belanja modal dari Rp2,8 triliun realisasinya baru Rp705 miliar atau hanya 24,6% saja. "Ini nanti yang ada implikasinya kami kami memohon untuk diluncurkan karenanya menyangkut investasi belanja modal terutama untuk IT sistem kita," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini