Barito Pacific (BRPT) Beli 49% Saham Sumber Graha Maluku

Agregasi Harian Neraca, Jurnalis · Senin 06 September 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 278 2466849 barito-pacific-brpt-beli-49-saham-sumber-graha-maluku-eOFqyv1Dtx.jpg Barito Pacific Beli Saham (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Emiten petrokimia dan energi PT Barito Pacific Tbk (BRPT) melaporkan transaksi afiliasi ke anak usaha PT Barito Pacific Lumber (BPL) yang menjual 51% saham di PT Barito Wanabinar Indonesia (BWI).

Direktur dan Sekretaris Perusahaan BRPT Diana Arsiyanti menyebutkan, BPL dan BRPT telah menandatangani perjanjian, di mana BPL setuju untuk menjual 1.275 saham atau sebesar 51% dari jumlah seluruh saham yang dikeluarkan di BWI sebagai cucu usaha Barito Pacific.

Baca Juga: Atasi Banjir di Tol Serpong, Anak Usaha META Kantongi Pinjaman Rp750 Miliar

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana yang diatur dalam POJK No. 42/2020. Hubungan Afiliasi antara BRPT dan BPL, terdapat pada susunan pemegang saham BRPT dan BPL, di mana Prajogo Pangestu merupakan Pemegang Saham Utama. Selain itu, terdapat kesamaan pengurus, di mana Prajogo Pangestu menjabat sebagai Komisaris Utama BRPT dan BPL.

Barito Pacific sendiri merupakan pemegang sejumlah 48% dari saham yang telah dikeluarkan di BWI. Sementara itu, BWI dan afiliasinya memiliki aset berupa 49% saham di PT Sumber Graha Maluku (SGM) yang merupakan perusahaan pemanfaatan hasil hutan kayu dan pabrik pengolahan kayu.

Baca Juga: Capex Rp500 Miliar, Catur Sentosa (CSAP) Buka 4 Gerai Baru

Sejalan dengan rencana usaha SGM untuk mengembangkan kegiatan usahanya, SGM berhasil menjalankan kerja sama dengan investor strategis yang memberikan modal tambahan kepada SGM dan menjadi pemegang 51% saham di dalam SGM.

“Dengan adanya transaksi afiliasi ini, diharapkan kinerja SGM akan semakin berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik pula kepada pemegang sahamnya. Dengan adanya perubahan kondisi SGM tersebut [yang utamanya didorong oleh masuknya tambahan modal dari investor], BRPT memandang bahwa prospek usaha SGM menjadi lebih baik, sehingga perseroan memutuskan untuk menambah kepemilikan sahamnya di dalam BWI,” jelas Diana.

Adapun, obyek transaksi afiliasi adalah 1.275 saham atau 51% dari jumlah seluruh saham BWI yang dimiliki oleh BPL dengan nilai transaksi sebesar Rp171,85 milar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini