Indonesia-China Resmi Pakai Rupiah dan Yuan, Selamat Tinggal Dolar AS

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 03:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 320 2466947 indonesia-china-resmi-pakai-rupiah-dan-yuan-selamat-tinggal-dolar-as-k1MPLRXYZb.jpg RI-China Pakai Rupiah dan Yuan (Foto: CNBC)

JAKARTA - Indonesia-China mulai resmi memakai mata uang lokal yakni Rupiah dan Yuan. Kedua negara ini tidak memakai lagi dolar AS.

Hal ini ditandai dengan Bank Indonesia (BI) dan People's Bank of China (PBC) secara resmi memulai implementasi kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan mata uang lokal (Local Currency Settlement/LCS) antara Indonesia dan China.

Kerangka kerja sama dimaksud meliputi, antara lain, penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung (direct quotation) dan relaksasi regulasi tertentu dalam transaksi valuta asing antara mata uang Rupiah dan Yuan.

Kerangka kerja sama ini disusun berdasarkan Nota Kesepahaman yang telah disepakati dan ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur PBC, Yi Gang, pada tanggal 30 September 2020.

"Selain dengan Tiongkok, saat ini BI juga telah memiliki kerangka kerja sama LCS dengan beberapa negara mitra lainnya, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand," ujar Direktur Komunikasi BI Erwin Haryono.

Baca Selengkapnya: Resmi! RI-China Mulai Pakai Mata Uang Lokal, Bye Dolar AS

 

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini