Prima Andalan Mandiri (MCOL) Resmi Melantai di Bursa, Jadi Emiten ke-32 Tahun Ini

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 278 2467269 prima-andalan-mandiri-mcol-resmi-melantai-di-bursa-jadi-emiten-ke-32-tahun-ini-kWpSNwPg0p.jpg Prima Andalan Mandiri Resmi Melantai di Bursa (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - PT Prima Andalan Mandiri Tbk telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (7/9/2021). Emiten dengan kode saham MCOL ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-32 di BEI pada tahun ini.

MCOL telah melakukan Penawaran Umum Perdana, atau Initial Product Offering (IPO), dengan menerbitkan 355.560.000 saham baru pada harga Rp1.420 per saham pada tanggal 1-3 September lalu. Dari hasil Penawaran saham yang merupakan 10 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh tersebut Perseroan mendapat dana sebesar Rp504,89 miliar.

Dalam Penawaran Umum Perdana ini Perseroan menunjuk PT Buana Capital Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Baca Juga: GPSO dan OILS Resmi Melantai di Bursa, Bidik Rp30 Miliar dan Rp40 Miliar

Dana segar dari IPO ini akan digunakan perseroan untuk pembelian peralatan berat sekitar Rp441 miliar. Peralatan berat ini terdiri dari excavator PC2000 sebanyak 4 unit, dump truck HD 785 sebanyak 18 unit, dozer 375 sebanyak 2 unit, dan dozer D155 sebanyak 2 unit.

Pembelian ini akan dilakukan pada 2021 dari PT United Tractors Tbk. Sementara sisa dana lainnya akan digunakan untuk modal kerja dalam bentuk setoran modal kepada MKP untuk pembayaran utang usaha dan operasional.

Baca Juga: BEI Ungkap 29 Perusahaan Mau IPO, Ada BUMN?

President Director Prima Andalan Mandiri, Handy Glivirgo menjelaskan, pilar pendukung bisnis Perseroan berada pada sinergi antara ketiga entitas anak perusahaan.

"Entitas anak perusahaan saling melengkapi rantai pasokan batubara dari hulu hingga hilir," ujar Handy dalam keterangan tertulis, Selasa (7/9/2021).

Perseroan merupakan perusahaan induk yang mempunyai Entitas Anak yang bergerak di bidang usaha pertambangan dan perdagangan batubara, jasa kontraktor penambangan serta angkutan laut dan bongkar muat batubara yang terletak di Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Kegiatan operasional Perseroan dilakukan melalui kantor pusat yang berlokasi di Jakarta, sedangkan kegiatan penambangan dilakukan di wilayah Kalimantan Utara. Dalam menjalankan usahanya, Perseroan dan ketiga Entitas Anak memiliki bisnis yang terintegrasi dari tambang hingga ke pelabuhan laut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini