Erick Thohir Jadikan LHKPN Syarat Calon Direksi BUMN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 320 2467413 erick-thohir-jadikan-lhkpn-syarat-calon-direksi-bumn-zL3hbOKXKo.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan empat langkah pengawalan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di lingkungan Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah. Langkah tersebut guna memastikan pelaksanaan LHKPN.

Langkah pertama yang ditempuh pemegang saham adalah menginstruksikan kepada seluruh wajib lapor di Kementerian BUMN dan perseroan negara untuk melaporkan LHKPN secara online, akurat, dan tepat waktu.

Baca Juga: Erick Thohir Saksikan Langsung Bagaimana Rakyat Bertahan di Masa Pandemi

Kedua, pelaksanaan dilakukan secara berkala melalui monitoring persentase pemenuhan pelaporan LHKPN bagi wajib lapor.

"Ketiga, meminta Direksi untuk menerapkan sanksi administratif terhadap pejabat BUMN yang tidak memenuhi kewajiban LHKPN," ujar Erick, Selasa (7/9/2021).

Langkah terakhir, pemegang saham menjadikan LHKPN sebagai data untuk talenta BUMN. Bahkan, ke depan menjadi persyaratan kepatuhan bagian dari syarat fit and proper test untuk calon Direksi BUMN.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap PaDI sebagai Jalan UMKM Naik Kelas

Erick pun sudah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) terkait LHKPN di Lingkungan Kementerian BUMN. Beleid tersebut diundangkan dengan Nomor PER 10/MBU/06/2021.

Selain itu, terdapat Surat Edaran (SE) yang diterbitkan untuk seluruh struktural BUMN dengan Nomor S-46/DSI.MBU/02/2021 tentang Kewajiban.

Meski begitu, objek hukum Permen BUMN belum mencakup anak dan cucu perusahaan pelat merah. Pemegang saham pun berencana menerbitkan aturan serupa untuk diterapkan di lingkungan anak dan cucu usaha perseroan.

"Untuk anak cucunya belum, karena itu kita akan memastikan mengeluarkan Permen bawa anak dan cucu ini nantinya harus juga melaporkan LHKPN," katanya.

Pemegang saham juga mencatat, pada 2020 tingkat pelaporan LKHPN BUMN mencapai 98,78% dengan ketepatan waktu mencapai 98,19%. Sementara tingkat pelaporan di Kementerian BUMN dan ketepatan waktu pelaporan mencapai 100%. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini