Jokowi Siapkan Kursi Wakil Menteri PPN/Kepala Bappenas

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 13 September 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 320 2470673 jokowi-siapkan-kursi-wakil-menteri-ppn-kepala-bappenas-rBV8Eturhd.jpg Presiden Jokowi Teken Perppres Wakil Menteri PPN. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah jabatan wakil menteri di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN). Ketetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2021 tentang Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional yang diteken pada 31 Agustus 2021.

“Dalam memimpin Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden,” bunyi pasal 2 ayat (1) sebagaimana dikutip dari salinan Perpres Nomor 80 Tahun 2021, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Salut dengan Kegigihan Pasutri Penjual Tempe

Dalam Perpres tersebut juga dijelaskan bahwa wakil menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Selain itu, wakil menteri berada di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri serta mempunyai tugas membantu menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas kementerian.

Diketahui, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus akan mengisi posisi Wakil Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ketetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 81 Tahun 2021 tentang Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang diteken pada 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Vaksinasi UMKM demi Percepatan Pemulihan Ekonomi

“Wakil Kepala dijabat oleh Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,” bunyi pasal 7 ayat (2) sebagaimana dikutip dari salinan Perpres Nomor 81 Tahun 2021.

Dalam Perpres tersebut disebutkan juga bahwa Wakil Kepala Bappenas berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bappenas.

Selain itu, Wakil Kepala Bappenas mempunyai tugas membantu kepala dalam memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi Bappenas. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini