Vaksinasi UMKM demi Percepatan Pemulihan Ekonomi

Antara, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 11 320 2469900 vaksinasi-umkm-demi-percepatan-pemulihan-ekonomi-lJAtNFncP3.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran pelaku usaha untuk mempercepat pemulihan ekonomi karena selama ini vaksinasi berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi.

"Ini memang suatu upaya kolaborasi untuk percepatan vaksinasi, karena vaksinasi ini sekarang seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Presiden merupakan 'game changer' untuk pemulihan ekonomi," kata Teten Masduki saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal di Kecamatan Kadungora dan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Menkop Teten: Membaiknya Ekonomi RI Tergantung UMKM

Dia menuturkan fakta di dunia saat ini beberapa negara sudah semakin tinggi masyarakatnya divaksin, hasilnya semakin baik pertumbuhan ekonomi di negara itu. Vaksinasi berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi artinya semakin banyak semua kalangan masyarakat divaksin maka akan semakin bagus ekonominya.

"Jadi vaksinasi berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi, nah jadi semakin banyak kita vaksin, semakin bagus," katanya.

Baca Juga: BLT UMKM Akan Dicairkan ke 100 Ribu Pelaku Usaha

Dia menyampaikan pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara kolaborasi melibatkan semua pihak, seluruh jajaran pemerintahan, maupun TNI dan Polri di berbagai daerah.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, sasarannya prioritas pelaku UMKM seperti yang dilaksanakan di Jakarta ditargetkan 5 ribuan orang per hari, kemudian di daerah lainnya seperti di Kabupaten Garut saat ini 3.500 orang.

"Kami memprioritaskan pelaku usaha UMKM karena itu termasuk juga penggerak ekonomi, kami ada di Jakarta untuk 5 ribu per hari, lalu kami di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah dan mulai bulan depan kita akan keluar Jawa," katanya.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang mendampingi kunjungan menteri menambahkan perlu kolaborasi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar cepat tercapai target terbentuknya kekebalan kelompok.

"Alhamdulillah sekarang di Jawa Barat vaksin sudah bertambah dengan cepat karena memang dibantu oleh berbagai macam lembaga oleh TNI, oleh Polisi dan oleh Kementerian termasuk oleh Pak Teten hari ini," kata Uu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini