Dijadikan Penjamin untuk Pinjol Ilegal, Berikut Cara yang Harus Dilakukan

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 622 2471170 dijadikan-penjamin-untuk-pinjol-ilegal-berikut-cara-yang-harus-dilakukan-Cfa9Z0xjH3.jpg Pinjol Ilegal (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Banyaknya kasus masyarakat yang terlilit utang pinjaman online (pinjol) marak terjadi. Bahkan, orang yang terikat utang pinjol ada yang nekat bunuh diri karena tidak bisa membayar pinjaman berserta bunganya.

Tak hanya si peminjam yang diteror, namun orang-orang sekitar yang dijadikan jaminan juga mendapat ancaman hingga membahayakan.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam laman resminya menyebut, jika selama ini sudah melakukan langkah guna menghapus keberadaan pinjol ilegal yang meresahkan, melalui SWI (Satgas Waspada Investasi). OJK bersama BI (Bank Indonesia), Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informasi), Kemenko UMKM (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah) dan Polri bersinergi guna mengatasi mengatasi permasalahan pinjol ilegal ini.

Baca Juga: Waspada! Tidak Ada Cerita Happy Ending akibat Pinjol Ilegal

Masyarakat dimohon untuk melaporkan atau mengadukan kasus yang terkait pinjol ilegal kepada pihak kepolisian, melalui situs https://patrolisiber.id, dan nomor telepon pengaduan pinjol di nomor WhatsApp 081157157157. Bisa juga melalui surel di alamat [email protected].

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mengetahui daftar pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK, bisa membuka laman https://bit.ly/daftarfintechlendingOJK.

Baca Juga: Sering Dapat SMS Pinjol Ilegal, Lapor ke Sini!

Untuk masyarakat yang dijadikan penjamin dalam pinjol dan seketika menerima teror atau ancaman dari pihak pinjol, maka OJK menyarankan untuk memblokir nomor oknum tersebut.

Apabila sudah melampaui batas hingga membahayakan keselamatan diri sendiri dan keluarga, masyarakat bisa melaporkannya ke polisi.

Informasi lain juga diberikan oleh Polda Jatim melalui laman resminya, bagi masyarakat yang ingin melapor akibat terjerat pinjol.

Pertama, masyarakat harus mengumpulkan seluruh bukti ancaman yang telah dilayangkan. Kemudian, kasus tersebut bisa dilaporkan langsung ke kantor polisi terdekat atau melalui laman aduan OJK yakni https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan. Masyarakat pun bisa mengadukan kejadian terkait pinjol melalui akun @aduankonten di Twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini