Rincian Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor

Hafid Fuad, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 320 2480018 rincian-biaya-balik-nama-kendaraan-bermotor-vi2H0MLgxz.jpg Rincian Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat bisa melihat rincian biaya balik nama kendaraan bermotor.

Saat ini tren jual beli kendaraan bekas sedang naik daun. Namun jangan lupa setelah membeli kendaraan bekas, lalu juga mengurus proses balik nama kendaraan bermotor.

Karena bila kendaraan masih atas nama pemilik lama, maka akan merepotkan saat melakukan bayar pajak. Sementara salah satu syarat pajak adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan bermotor.

Dalam memproses balik nama kendaraan, pemilik kendaraan baru harus menyiapkan sejumlah biaya balik nama kendaraan bermotor.

Biaya tersebut di antaranya untuk pembayaran bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), dan untuk biaya yang lainnya.

Baca Juga: Cara Membayar Pajak Motor Online

Biaya balik nama motor tahun 2021 berbeda satu sama lain, tergantung dari kebijakan pemerintah daerah. Namun umumnya perbedaan biaya antar daerah tidak terlalu mencolok. Sebaiknya melakukan pengecekan pada laman resmi Samsat.

Ada beberapa biaya yang harus dibayarkan pada saat balik nama kendaraan bermotor. Biaya tersebut antara lain, biaya administrasi balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), biaya admisnistrasi dan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan BPKB.

Sebagai acuan biaya balik nama motor dapat menggunakan biaya balik nama sepeda motor yang berlaku di DKI Jakarta.

Landasan hukumnya merujuk pada Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2010 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan tarif BBNKB hanya berdasarkan jenis kendaraan dan penyerahannya.

Berikut penghitungan tarif BBNKB DKI Jakarta:

- Kendaraan bermotor atas penyerahan pertama memiliki tarif 12,5%

- Kendaraan bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya dikenakan tarif 1%

- Kendaraan bermotor alat-alat berat dan alat-alat besar penyerahan pertama, kedua, dan seterusnya dikenakan tarif 0,75%.

Besaran pokok pajak bea balik nama kendaraan bermotor terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif dengan dasar pengenaan pajak. BBNKB yang terutang dipungut di wilayah daerah tempat kendaraan bermotor terdaftar. Kemudian pembayarannya dilakukan pada saat pendaftaran.

Wajib pajak BBNKB harus mendaftarkan penyerahan kendaraan bermotor dalam tempo maksimal 30 hari kerja sejak penyerahan. Orang pribadi atau badan yang menyerahkan kendaraan bermotor melaporkan secara tertulis penyerahan tersebut kepada gubernur atau pejabat yang ditunjuk. Dalam jangka waktu 30 hari kerja sejak saat penyerahan.

Adapun laporan tertulis tersebut paling sedikit memuat lima hal sebagai berikut:

- nama dan alamat orang pribadi atau Badan yang menerima penyerahan;

- tanggal, bulan, dan tahun penyerahan;

- nomor polisi kendaraan bermotor;

- lampiran fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;

- khusus untuk kendaraan di air ditambahkan pas dan nomor pas kapal

Pada saat balik nama kendaraan, pemilik kendaraan juga akan dikenakan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk penerbitan STNK dan BPKB baru. Jika proses balik nama bersamaan dengan pajak lima tahunan maka akan dikenakan biaya penerbitan TNKB baru juga.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 76/2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), maka berikut adalah tarif PNBP yang harus dibayarkan:

- Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk kendaraan roda dua atau tiga seharga Rp 100.000 dan Rp 200.000 untuk kendaran roda empat atau lebih.

- Penerbitan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) untuk kendaraan dua atau tiga seharga Rp 225.000 dan Rp 375.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

- Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) untuk kendaraan dua atau tiga seharga Rp 60.000 dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih. TNKB baru diperlukan jika proses balik nama bersamaan dengan pajak lima tahunan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini