Kebut Pemulihan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Civitas Unesa Dorong Transformasi Digital

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 320 2481608 kebut-pemulihan-ekonomi-dan-penciptaan-lapangan-kerja-sandiaga-uno-ajak-civitas-unesa-dorong-transformasi-digital-yV82dvj5Yk.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Percepatan pemulihan ekonomi nasional serta penciptaan lapangan kerja, transformasi digital harus dilakukan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam SENIMA 6 & Call for Papers Jurusan Manajemen FEB Universitas Negeri Surabaya pada Selasa (5/10/2021).

Dalam seminar bertajuk 'Membangun ketahanan bisnis melalui inovasi dan digital enterpreneur di masa pemulihan ekonomi nasional' itu, Sandiaga Uno mengingatkan besarnya dampak pandemi covid-19.

"Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan, memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan. Bukan hanya berjualan online, tapi juga menciptakan konten-konten produktif yang signifikan," ungkap Sandiaga Uno pada Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Persiapan Sandiaga Uno Sambut Turis Asing di Bali

Tak hanya itu, pandemi covid-19 diyakininya juga telah mengubah pola konsumsi masyarakat saat ini. Merujuk survei McKinsey, diketahui rata-rata konsumen berencana untuk tetap melanjutkan perilaku berbelanja online meskipun pandemi telah berakhir.

Selain itu, berbagai kegiatan masyarakat pun kini telah berubah. Walaupun DKI Jakarta kini dalam kondisi kondusif, masyarakat, termasuk dirinya lebih memilih untuk bekerja di rumah. Lewat digitalisasi, kegiatan menjadi lebih efisien dan efektif, pertemuan lewat virtual pun tetap berkualitas.

Baca Juga: Bertekad Jadi Pengusaha, Sandiaga Uno Apresiasi Mahasiswa Poltekpar Palembang

"Jakarta sekarang dalam situasi yang sangat kondusif. Tapi hari ini saya memilih untuk tinggal di rumah, kenapa? Karena semua rapat-rapat dan kegiatan semuanya bisa dilakukan secara online," ungkap Sandiaga Uno.

"Ini memicu efisiensi dan efektivitas dari yang tadinya hanya enam sampai tujuh pertemuan, satu hari ini bisa kita tingkatkan menjadi 12-13 pertemuan," tambahnya

Perubahan gaya hidup tersebut katanya harus diimbangi dengan transformasi digital yang diharapkan mampu mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19.

Dirinya pun optimis target sebanyak 30 juta UMKM 'on boarding' menjadi anggota dari gerakan nasional 'Bangga Buatan Indonesia' dalam kurun 1,5-2 tahun mendatang dapat tercapai.

"Nah inilah salah satu pemicu dari transformasi digital dari ekonomi yang menyumbangkan 65 persen kontribusi terhadap PDB Nasional," imbuhnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, pandemi covid-19 juga telah mengakselerasi beberapa kegiatan-kegiatan inovasi, ada lima langkah percepatan inovasi dan transformasi digital.

Pertama, perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital yang menurutnya harus terus dikembangkan dan dibangun. Kedua, penyiapan road map transformasi digital sektor-sektor strategis, di antaranya kuliner, kriya dan fesyen.

Ketiga, percepatan integrasi pusat data nasional atau Data Center yang akan hadir di seluruh wilayah Nusantara. Keempat, penyiapan SDM, talenta digital dari kalangan akademisi, termasuk Universitas Negeri Surabaya untuk berperan serta dalam mencetak talenta-talenta digital yang mumpuni dan berkelas internasional. Kelima, penyiapan regulasi skema pendanaan dan pembiayaan untuk transformasi digital.

"SDM talenta digital merupakan salah satu kunci transformasi digital. Instruksi dari Bapak Presiden Joko Widodo tentang transformasi digital nasional bahwa tahun 2030 ditargetkan 9 juta talenta digital tampil," ungkap Sandiaga Uno.

"Pertanyaannya adalah are you ready?," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengajak seluruh pihak, termasuk Universitas Negeri Surabaya untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk mengambil peran dalam pembangunan, penguatan ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.

"Insya Allah dapat memulihkan ekonomi nasional dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya bersemangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini