Sandiaga Uno Yakin Lapangan Kerja Terbuka Lewat Kreasi hingga BIP

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 320 2482777 sandiaga-uno-yakin-lapangan-kerja-terbuka-lewat-kreasi-hingga-bip-XDSTncH2Ls.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia hampir dua tahun belakangan memicu kemerosotan ekonomi. Namun, lewat kreasi serta sentuhan dari pemerintah lewat Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Jaring Pengaman Usaha (JPU), diyakini terbuka peluang usaha dan lapangan kerja di masa pandemi covid-19. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kota Semarang-Banyumas di Balai Pertemuan Pusat Rekreasi dan Pameran Pembangunan (PRPP), Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (6/10/2021). 

Dalam kegiatan tersebut, dirinya turut menyerahkan BIP kepada para sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bangkit di tengah pandemi covid-19. Mereka tak hanya mampu bertahan di tengah hempasan badai resesi, tetapi juga mengembangkan usaha hingga saat ini.

Baca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi DIA 2021: Pemicu Lahirnya Inovasi Digital!

"Hari ini kita mendapat inspirasi dari kisah-kisah yang membangun satu optimisme, bahwa jika kita berusaha, kita bisa untuk mengembangkan usaha kita," ungkap Sandiaga Uno.

"Krisis pandemi memang merupakan tantangan, tapi kita diberikan kemampuan oleh Tuhan yang Maha Kuasa untuk mensolusikannya dengan berbagai kreasi yang bisa membuat kita bangkit dan membuka peluang kerja, menjadi saluran berkat bagi banyak masyarakat luas," jelasnya.

Lewat Apresiasi Kreasi Indonesia dengan total sebanyak 60 UMKM di berbagai sektor, dirinya meyakini ekonomi nasional akan berangsur pulih seiring dengan melandai dan semakin terkendalinya covid-19.

Baca Juga: Jadi Sumber Pendapatan, Industri Batik Serap 200 Ribu Lebih Tenaga Kerja

"Insya Allah ekonomi akan pulih, dan kita akan membuka peluang usaha agar lapangan kerja kembali bagi masyarakat, khususnya Jawa Tengah," jelasnya.

Tak hanya itu, peluang usaha dan lapangan kerja diungkapkan Sandiaga Uno akan semakin terbuka lewat program Bangga Buatan Indonesia. Lewat gerakan nasional itu, para UMKM diharapkan mampu meningkatkan kualitas sekaligus daya saing produk melalui program digitalisasi. Sehingga akan meningkatkan omset yang berujung kepada pengembangan usaha.

"Alhamdulillah program ini sudah kita Luncurkan, tinggal diserap oleh para UMKM. Harapan kita di akhir 2023 ada sebanyak 30 juta UMKM di seluruh Indonesia akan on boarding ke dalam program gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia," jelas Sandiaga Uno.

"Ini sebuah gerakan mencintai produk karya anak bangsa yang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tutupya bersemangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini