Gaji Rp5 Juta Kena Pajak 5%?

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 05:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 320 2483510 gaji-rp5-juta-kena-pajak-5-24axtmzw7q.png Pajak (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTAPemerintah melakukan penambahan lapisan kebijakan daftar penghasilan kena pajak mulai dari 5% hingga pajak penghasilan orang super kaya 35%.

"Penambahan lapisan (layer) Pajak Penghasilan orang pribadi sebesar 35% untuk penghasilan kena pajak di atas Rp5 miliar, dimaksudkan untuk lebih mencerminkan keadilan, bagi orang pribadi yang lebih mampu harus membayar pajak lebih besar," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Gedung DPR RI.

Namun, untuk masyarakat miskin, pemerintah memperlebar PKP yang dikenakan tarif 5% di lapisan pertama. Sebelumnya yang dikenakan pajak 5% maksimal Rp50 juta, kini diubah menjadi Rp 60 juta.

Berdasarkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang disahkan dalam Sidang Paripurna. Hal tersebut agar menambah lapisan tarif pajak baru.

Dalam UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, pemerintah menambah lapisan tarif Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) menjadi sebesar 35% bagi yang memiliki penghasilan kena pajak (PKP) di atas Rp5 miliar. Oleh sebab itu, semakin seseorang berpenghasilan tinggi, semakin banyak pajak yang harus dibayarkan.

Baca Selengkapnya: Batas Penghasilan Kena Pajak Naik Jadi Rp60 Juta, Orang Super Kaya Dipatok 35%

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini