4 Raja Terkaya di Dunia, Siapa Saja Mereka? Segini Hartanya

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 455 2483668 4-raja-terkaya-di-dunia-siapa-saja-mereka-segini-hartanya-kY1pP3lsbK.jpg Kerajaan Raja Salman (Foto: Okezone)

JAKARTA – Para pemimpin kerajaan di seluruh dunia sudah dipastikan mempunyai kekayaan yang berlimpah ruah. Berikut 4 raja paling kaya di dunia saat ini yang berasal dari Asia. Okezone pun telah merangkum pada Sabtu (9/10/2021).

1. Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn

Maha Vajiralongkorn adalah Raja paling kaya di dunia. Pria yang juga merupakan pemimpin tertinggi dari Konstitusi Negara Thailand tersebut diperkirakan memiliki aset sebesar USD43 miliar atau sebesar Rp623 triliun

Vajiralongkorn menggeser posisi Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dari daftar raja paling kaya per Januari 2021. Adapun raja yang memiliki nama lain 'Rama X' tersebut naik tahta tak lama setelah kematian ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej pada tahun 2016, sebagai raja kesepuluh dari Dinasti Chakri.

Baca Juga: Harta Orang Kaya Makin Banyak Tembus Rp11.082 Triliun, Ini 4 Faktanya

Dilansir dari majalah bisnis Fortune, sebagian besar kekayaan Raja Vajiralongkorn berasal dari 23% sahamnya di Siam Commercial Bank, salah satu bank terbesar di negeri Gajah Putih dan juga Siam Cement Group, konglomerat industri terbesar di Thailand. Portofolionya juga mencakup sekitar 6.500 hektar tanah utama dan lebih dari 40.000 sewa dengan pengembang.

2. Raja Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah,

Selain berstatus sebagai orang nomor 1 di Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah juga memiliki kekayaan yang luar biasa melimpah atau yang kerap disebut oleh netizen dengan istilah 'sultan'.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kekayaan 400 Orang Terkaya AS Tembus Rp65.350 Triliun

Adapun kekayaan Sultan Brunei tersebut diperkirakan sebesar USD28 miliar atau sekitar Rp405 triliun, tidak berubah sejak tahun 2019-2020 saat ia dinobatkan sebagai Raja paling kaya di dunia. Sumber kekayaan sang Sultan tersebut sebagian besar didapatkan dari cadangan minyak negara yang sangat besar dan signifikan secara global.

3. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud

Sebagai pemimpin tertinggi dari Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman memang cukup populer di kancah dunia, termasuk juga bagi Indonesia.

Walaupun Kerajaan Arab Saudi memiliki bangsawan paling tajir sejagat-raya, namun Raja yang memiliki nama asli Salman bin Abdulaziz Al Saud itu dilaporkan 'hanya' memiliki kekayaan sebesar USD18 miliar atau sebesar Rp260 triliun, yang menjadikannya raja terkaya ketiga di dunia.

Adapun Raja Salman memperoleh kekayaan dari kepemilikannya pada portofolio bisnis keluarga kerajaan yakni raksasa gas alam dan minyak bumi Saudi Aramco dengan valuasi mencapai USD1,4 triliun, yang jika dirupiahkan mencapai lebih dari Rp14 ribu triluin!

4. Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahyan

Posisi Sheikh Khalifa sebagai penguasa turun-temurun Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab, telah menjadikannya raja terkaya keempat di planet ini. Kekayaannya ditaksir mencapai angka sekitar USD15 miliar atau sekitar Rp216 triliun. Adapun pemimpin tertinggi dari negara Konfederasi tersebut juga saat ini menjalankan dana kekayaan negara dengan aset yang dilaporkan mencapai USD830 miliar atau lebih dari Rp11 ribu triliun.

Kekayaan Sheikh Khalifa berasal dari cadangan minyak UEA. Selain itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari dokumen Panama Papers, ia dikabarkan memiliki banyak properti mewah di London yang ditaksir bernilai lebih dari USD1,7 Miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini