Bertemu Pengusaha Jabar, Erick Thohir Tak Rela Pasar Indonesia Dikuasai Asing

Arif Budianto, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 320 2484005 bertemu-pengusaha-jabar-erick-thohir-tak-rela-pasar-indonesia-dikuasai-asing-rzwYIoTDnI.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Bertemu Pengusaha Jabar. (Foto: Okezone.com/BUMN)

BANDUNG - Menteri BUMN Erick Thohir bertemu pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat. Dirinya bersama-sama membuat roadmap pembangunan ekonomi kedepan. Roadmap diperlukan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Kita perlu adanya roadmap bersama sebagai acuan orientasi, pelaksaan program dan parameter untuk proses pembangunan kedepan. Termasuk bagaimana membangun kolaborasi antara swasta dengan BUMN," kata Erick saat bertemu dengan Apindo Jabar, di Hotel El Royale, Sabtu (9/10/2021) malam.

Baca Juga: Mantan Bos Citilink Albert Burhan Jadi Dirut Pelita Air, Ini Kata Komut

Menurut dia, pandemi ini telah berdampak cukup signifikan terhadap banyak sektor. Sehingga roadmap untuk kolaborasi bersama antara pengusaha dan pemerintah dalam hal ini BUMN, mesti dilakukan. Pihaknya selalu mendorong agar BUMN bisa berpatner dengan perusahaan daerah dan dampaknya dirasakan masyarakat banyak.

Menurut Erick, tak adanya konsep dan tujuan yang pasti terkait pengembangan ekonomi akan menghambat prediksi Indonesia masuk lima besar ekonomi dunia pada tahun 2045. Berbagai upaya perlu didorong agar Indonesia menjadi kekuatan ekonomi yang mampu menggerakkan dunia.

Baca Juga: Transformasi BUMN, Erick Thohir Buktikan dengan Kontribusi Rp375 Triliun untuk Negara

"Kita punya market yang cukup banyak, tapi kalau tidak dimanfaatkan, justru akan dimanfatakan negara lain. Saya tidak rela market kita dipakai negara lain. Tapi bagaimana harus dipastikan menjadi pertumbuhan bagi negara kita," beber dia.

Pasar yang besar ini, kata dia, mesti dinikmati bangsa sendiri, yaitu dengan memaksimalkan kearifan lokal. Justru dia mendorong agar perusahaan lokal dan BUMN bisa ekspansi menggarap market luar negeri. "Kami berusaha dorong agar BUMN bisa berpatner dengan siapapun termasuk luar negeri. Jangan jadi jago kandang," katanya.

Sementara itu, Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik berharap, pertemuan ini menjadi langkah awal antara pengusaha Apindo Jawa Barat berkolaborasi dengan BUMN. Karena, untuk pemulihan ekonomi ini, perlu upaya bersama antara swasta dan pemerintah.

"Kami berharap ini titik awal kolaborasi. Karena Jabar ini kan cukup luas dengan potensi yang sangat besar. Karena kita tidak mungkin sendiri, makanya perlu bikin roadmap bersama," jelas dia.

Diakuinya, selama ini kolaborasi antara BUMN dan swasta lebih banyak pada hubungan pembiayaan, dengan bank Himbara. Sementara, kerja sama selain perbankan dibutuhkan untuk pengembangan ekonomi bersama seperti pemanfaatan produk UMKM. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini