Ditemani Erick Thohir, Presiden Jokowi Groundbreaking Pabrik Smelter Freeport

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2484939 ditemani-erick-thohir-presiden-jokowi-groundbreaking-pabrik-smelter-freeport-QevVLy2onh.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Jawa Timur, dalam rangka kunjungan kerja. Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden Jokowi akan langsung menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik.

Di sana, Presiden Jokowi akan melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia. Setelahnya, Presiden akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Juga: Bangun Smelter Freeport, Inalum Kaji Tawaran Tsingshan Steel

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Sebelumnya, Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertambangan, Mind ID buka-bukaan tentang rencana pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI). Di mana pembangunan smelter tersebut masih belum juga terlaksana.

Baca Juga: Lokasi Smelter Freeport Belum Diputuskan di Gresik atau Halmahera, Kok Bisa?

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan, sejauh ini ada dua opsi untuk pembangunan smelter PTFI. Pertama adalah di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dan yang kedua adalah, di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara.

Semula, pembangunan smelter akan dilakukan di Gresik, namun karena adanya pandemk covid-19 terpaksa berhenti. Kemudian, perusahaan Tsingshan Steel datang menawarkan pembangunan smelter di Halmahera dengan biaya yang lebih murah dan pengerjaan yang lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini