Melantai di Bursa Hari Ini, Berikut Profil Ace Oldfields (KUAS)

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 278 2491110 melantai-di-bursa-hari-ini-berikut-profil-ace-oldfields-kuas-ZfLqwFQyw8.jpg IPO (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Ace Oldfields Tbk akan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (25/10/2021). Calon emiten dengan kode saham KUAS ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-39 di BEI pada tahun ini.

Ace Oldfields merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi peralatan dan perlengkapan untuk keperluan pegecatan yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1996, Perseroan merupakan perusahaan hasil joint-venture antara PT Ace Panbrush Industry (API), yang berdiri sejak tahun 1989, dan Oldfields International Pty Ltd of Australia, produsen perlengkapan pengecatan terbesar di Australia yang memiliki sejarah sejak tahun 1916.

Baca Juga: Pengakuan Barito Pacific (BRPT), Emiten Konglomerat Prajogo Pangestu soal IPO Star Energy

Perseroan saat ini menjadi salah satu produsen perlengkapan pengecatan dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan produk-produk yang diproduksi oleh AOF meliputi kuas cat, kuas khusus, roll, mini roll, peralatan pengecatan, dan baki cat dengan standar kualitas yang tinggi.

Selain itu, Ace Oldfields juga memproduksi kape besi dan plastik, plasterboard, meteran, roll pemecah gelembung, kuas tampiko, tongkat penyambung gagang roll, kuas industri sebagai alat pembersih, dan lain-lain.

Baca Juga: Jelang IPO, Abu Dhabi Suntik GoTo Rp5,6 Triliun

Kombinasi antara teknologi yang dimiliki oleh Oldfields dan relatif rendahnya biaya produksi di Indonesia berhasil membuat Perseroan secara konsisten menjadi salah satu produsen peralatan pengecatan terdepan di Indonesia. Ini ditunjukkan dengan jaringan penjualan produk-produk Perseroan yang tidak hanya mencakup pasar domestik, tapi juga pasar ekspor dengan negara tujuan antara lain Australia, Selandia Baru, dan Eropa. Lokasi pabrik Perseroan sendiri terletak di lokasi yang cukup strategis di Cileungsi, dekat dengan pelabuhan internasional untuk aktivitas ekspor maupun distribusi dalam negeri.

Adapun Ace Oldfields akan melepas harga penawaran sebesar Rp195 per saham dengan melepaskan sebanyak 390 juta saham baru dengan nilai nominal Rp50 setiap saham, yang mewakili 30,17 persen dari modal disetor setelah penawaran umum perdana saham. Perolehan dana IPO yang akan didapatkan Perseroan sebesar Rp76,05 miliar.

Dana yang diperoleh dari hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, akan digunakan diantaranya sebesar 38,69 persen untuk pembelian sebagian tanah dan bangunan di Jl. Raya Cileungsi Jonggol KM 22,5 Cileungsi, Bogor dengan harga sebesar Rp28 miliar dengan tujuan pembelian adalah untuk mengurangi biaya sewa Perseroan dan juga pengembangan Perseroan kedepannya. Transaksi ini akan dilakukan dalam waktu paling lambat tiga bulan setelah dana IPO diterima.

Kemudian, sisanya sebesar 61,31 persen akan digunakan untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembelian bahan baku, beban operasional dan marketing dimana modal kerja tersebut tergolong dalam Operating Expenditure (OPEX).

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan untuk modal kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini