Kacau! Peserta CPNS Curang, Soal Ujian Dikerjakan Orang Lain

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 320 2492037 kacau-peserta-cpns-curang-soal-ujian-dikerjakan-orang-lain-1uDKJ8VWXI.jpg Kecurangan Tes SKD CPNS di Buol Sulawesi Tengah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Terjadi kecurangan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di titik lokasi mandiri Pemkab Buol, Sulawesi Tengah.

Dari laporan yang diterima Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo. Ada potensi kecurangan pada pelaksanaan SKD CPNS di gedung BKPSDM Kabupaten Buol.

Tjahjo Kumolo mengatakan, kecurigaan adanya kecurangan pengawas di lokasi berawal dari terjadinya blue screen pada salah satu PC peserta ujian. PC tersebut ternyata dipasang software remote akses. Peserta pun diminta pindah duduk, tetapi yang bersangkutan enggan.

Selain itu, Tjahjo mengatakan, sudah dilakukan audit trail untuk melihat aktivitas peserta selama tes. Dari hasil audit trail, terlihat peserta sangat cepat menyelesaikan soal, baik saat menampilkan maupun menjawab.

Peserta diketahui menampilkan kurang lebih 30 soal dalam rata-rata hitungan tujuh detik. Selain itu, dia juga hanya memerlukan delapan detik untuk menjawab satu soal. Menurut Tjahjo, peserta yg ada di komputer tersebut hanya menampilkan soal, sedangkan yang menjawab adalah tim di luar lokasi. “Itu sebabnya bisa dilakukan dengan sangat cepat, karena ada dugaan tidak dilakukan oleh satu orang tetapi dalam bentuk tim yang bertugas membantu menjawab soal-soal ujian,” tuturnya.

Baca selengkapnya: Modus Kecurangan SKD CPNS, Soal Ujian Bisa Dikerjakan dari Luar

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini