Holding BUMN Qatar Gandeng Pindad, Erick Thohir: Bisa Majukan Industri Pertahanan RI

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 08 November 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498288 holding-bumn-qatar-gandeng-pindad-erick-thohir-bisa-majukan-industri-pertahanan-ri-0FQDg6brH0.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Holding BUMN Qatar, Barzan menyebut komitmen kerja sama dengan PT Pindad (Persero). Tujuan kolaborasi antara BUMN milik negara emirat di Timur Tengah itu dengan Pindad untuk memajukan industri pertahanan dalam negeri.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan bahwa komitmen Barzan bukan hanya perkara bisnis, namun juga mencakup alih teknologi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pindad agar dapat bersaing dalam rantai nilai global.

"Alhamdulillah, dalam pertemuan ini Barzan menyatakan komitmennya untuk bekerjasama dengan Pindad untuk memajukan industri pertahanan Indonesia. Barzan menyatakan bahwa kerjasama ini nantinya bukan hanya bisnis, namun juga mencakup alih teknologi dan pengembangan SDM Pindad agar dapat bersaing dalam rantai nilai global” ujar Erick, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Momen Sri Mulyani hingga Erick Thohir Bertemu Orang Terkaya Dunia, Ini 4 Faktanya

Upaya kerja sama Pindad dan Barzan diawali pertemuan antara Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Qatar, Khalid bin Mohammad Al Attiyah beberapa waktu lalu di negara setempat.

Baca Juga: 3 BUMN Kecipratan Investasi Rp258 Triliun dari UEA

Tak berselang lama, Erick pun kembali merajut upaya kerja antara dua pihak tersebut. Dalam lawatannya ke Qatar, dia juga menyempatkan diri bertemu dengan Khalid bin Mohammad Al Attiyah.

"Pertemuan dengan Menteri Pertahanan Qatar, Dr. Khalid bin Mohammad Al Attiyah, sebagai follow up kerjasama antara Pindad dengan Barzan Holding Qatar, yang telah dirajut oleh Menteri Pertahanan RI, Bapak Prabowo," katanya.

Pertemuan kedua Menteri ini menghasilkan komitmen bersama untuk memajukan industri Pertahanan Indonesia.

Kementerian BUMN selaku pemegang saham Pindad tengah menggodok Holding BUMN Pertahanan. Targetnya, melalui holding industri pertahanan bisa menjadi salah satu top 50 perusahaan pertahanan dunia.

Untuk merealisasikan target itu, langkah awal yang dilakukan dengan menyelaraskan, mensinergikan antara Kementerian Pertahanan dengan industri pertahanan Tanah Air melalui penyelarasan pengeluaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini