Share

Hadapi Bonus Demografi, Erick Thohir Ingatkan soal Lapangan Kerja

Antara, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 320 2500231 hadapi-bonus-demografi-erick-thohir-ingatkan-soal-lapangan-kerja-wmNgSnfeCb.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan pentingnya penyiapan peta jalan atau roadmap terkait pembukaan lapangan kerja yang selaras dengan Industri 4.0.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Indonesia akan menghadapi bonus demografi dengan mayoritas penduduk berusia di bawah 40 tahun. Bahkan terdapat tambahan 50 juta penduduk pada tahun 2035.

"Artinya apa? Jangan juga sampai seperti ini bahwa kita tidak menyiapkan peta jalan atau roadmap bagaimana pembukaan lapangan kerja tidak selaras dengan Industri 4.0," ujar Erick Thohir dikutip Antara, Kamis (11/11/2021).

Oleh karena itu Erick Thohir banyak mengangkat pemimpin muda di BUMN, mengingat hal tersebut menjadi bagian dari transformasi dan dirinya juga mengingatkan kepada para senior di BUMN-BUMN akan pentingnya regenerasi.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Erick Thohir Bertemu Veteran Pejuang Kemerdekaan

"Karena itu keberlanjutan merupakan hal penting, bahwa hal ini menjadi bagian juga pembukaan lapangan kerja yang bisa kita antisipasi. Jangan sampai ketika go digital, tetapi aspek tenaga kerja tidak dipikirkan juga. Saya yakin pertumbuhan ekonomi tidak akan terjadi kalau tidak rukun," ujar Erick Thohir.

Menteri BUMN juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk saling bersinergi terkait bagaimana menciptakan lapangan kerja yang selaras dengan Industri 4.0.

Baca Juga: Momen Sri Mulyani hingga Erick Thohir Bertemu Orang Terkaya Dunia, Ini 4 Faktanya

"Kita harus duduk bersama untuk memastikan digitalisasi ini sangat bagus, kita akan dorong. Transformasi itu akan dipercepat. Kita juga menciptakan para usahawan baru, sektor UMKM yang sangat menjadi tulang punggung dan juga bagaimana penciptaan lapangan kerja harus diselaraskan," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan transformasi industri tradisional menuju Industri 4.0 membutuhkan peta jalan atau roadmap.

Menurut Erick, transformasi dari industri tradisional ke Industri 4.0 itu ada peta jalannya atau roadmap, bukan sekedar hanya bicara jadi Industri 4.0

Menteri BUMN sendiri meminta kepada Himbara dan Telkom, salah satu klaster yang bisa beradaptasi dengan pasar terbuka serta persaingan dengan pemain asing dan swasta supaya bisa berkelanjutan . Kendati demikian Menteri BUMN itu terus mendorong Himbara dan Telkom untuk terus maju dan berkembang.

Erick Thohir juga meminta agar BUMN di klaster lainnya harus mengikuti adaptasi dan langkah-langkah baik yang sudah dilakukan oleh Himbara dan Telkom dalam memenangkan persaingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini