Share

Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Lebarkan Jaringan Pelaku UMKM

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Rabu 17 November 2021 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 320 2502999 program-stimulus-bangga-buatan-indonesia-lebarkan-jaringan-pelaku-umkm-FfLGt59wEz.jpg Pelaku UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) dimanfaatkan UMKM untuk melebarkan jaringan. Saat ini melalui program itu mereka bisa menjadi go-national.

Karenanya selain mengharapkan program ini diperpanjang, para pelaku UMKM berharap program ini bisa meluas hingga ke luar negeri.

Pelaku UMKM dari Bandung Meeta Fauzan mengakui selama program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membantu dirinya dalam mempromosikan dagangannya. Sebab jangkauan kemenparekraf yang mencapai hingga nasional.

"Seperti kita promo ini disebar ke semuanya, mulai dari market place itu sendiri, situs kemenparekraf, hingga pemeberitaan nasional," kata Meeta, beberapa waktu lalu, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: UMKM Berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Diperpanjang

Meeta mengungkapkan dengan pemberitaan demikian, banyak pelanggan dari luar wilayah Bandung yang membeli baju muslim dagangannya. Dengan demikian omzet dagangan miliknya meningkat seiring meningkatnya permintaan.

Hal sama juga diungkapkan pemilik food store, Ina Hariyani yang menjual rendang. Program bantuan dari Kemenparekraf membuat bisnis dagangannya meningkat hingga ke luar Jakarta. Ina yang sebelumnya hanya berjualan di sekitarJakarta Timur ini kini bangga lantaran orderannya mencapai ke Bali dan Kalimantan Timur. Kondisi ini tak lepas dari bantuan PSBBI.

Baca Juga: Resmi Dibuka, IFRA Hybrid Business Expo 2021 Majukan Industri UMKM di Indonesia

Dengan adanya capaian penjualan yang terjual ke daerah, Ina terpaksa harus berpikir kreatif. Pengepakan rendang tak bisa hanya menggunakan sterofoam atau plastik biasa. Ia pun mulai memikirkan cara mengemas rendang untuk jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Kita kan harus pikirkan juga bagaimana rendang saya masih fresh termasuk saat buka nanti," katanya.

Baik Meeta maupun Ina berharap program bantuan ini akan terus hadir sehingga UMKM seperti dirinya dapat berkembang dan membantu Indonesia bangkit dari Pandemi Covid-19.

Termasuk soal persyaratan nantinya. Keduanya berharap kedepannya persyaratan bisa dipermudah, sehingga orang orang bisa dapat memanfaatkan program ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini