Ingin Investasi tapi Gaji Pas-pasan? Begini Caranya

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 622 2505042 ingin-investasi-tapi-gaji-pas-pasan-begini-caranya-710lCijJIN.jpg Ingin Investasi Tapi Gaji Pas-pasan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Investasi sebenarnya tidak melulu membutuhkan uang yang banyak. Namun, investasi juga bisa dilakukan bagi mereka yang punya gaji kecil atau pas-pasan.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menuturkan, seseorang tetap bisa melakukan investasi atau menabung dengan gaji yang pas-pasan. Adapun berinvestasi disarankan sesuai kemampuan individu masing-masing.

“Dalam perencanaan keuangan investasi disarankan 10-30 persen. Jadi, kalau misal gaji Rp2,3 juta berarti Rp230 ribu. Tadi buat hidup saja sudah pas-pasan, apalagi ditambah 230. Nah, kalau begitu agar bisa menabung kita bisa mengurangi sesuai kemampuan aja, misalnya dipotong menjadi 5 persen,” tuturnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga: Viral Gaji Suami Istri Rp2,3 Juta! Cukup untuk Kebutuhan Bulanan hingga Sedekah, Ini Hitung-hitungannya

Mike menjelaskan, investasi bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan produk keuangan yang lebih terjangkau. Adapun bebagai terobosan tersebut biasanya ditemukan pada layanan dari perusahaan teknologi finansial.

“Jadi, menabung emas tidak harus menabung fisiknya, tapi kita bisa menabung emas secara online. Juga kalau kita mau investasi ke pasar modal dengan membeli saham atau reksadana, tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar, tapi kita bisa mengikuti program menabung saham,” katanya.

Lanjutnya, dengan uang yang pas-pasan, investasi bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan terlebih dahulu uang yang dibutuhkan lalu baru dibelikan produk investasi.

“Kita menabung dari recehan, kumpulkan barulah kita membelikan saham atau reksadananya. Jadi, gunakan metode menabung dari recehan untuk tetap bisa memampukan diri Anda dan membangun kebiasaan menabung secara rutin dan disiplin,” ucap Mike.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini