Penjaga Toilet di SPBU: Sehari Bisa Kantongi Rp150.000

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2506223 tulisan-toilet-gratis-di-spbu-bikin-omzet-penjaga-turun-KVbUGfeoKy.jpg Penjaga Toilet SPBU Pertamina (Foto: Iqbal Dwi Purnama)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meminta kepada jajaran direksi Pertamina untuk tidak memungut biaya pada toilet di SPBU.

Dengan adanya arahan tersebut membuat beberapa SPBU di Jakarta telah memasang tulisan bertuliskan toilet gratis.

Salah satunya yakni SPBU 34.13801 di depan Asrama Haji, Jakarta Timur yang sudah dipasangi tulisan toilet gratis sejak pagi hari oleh pihak pengelola SPBU.

Baca Juga: Seluruh Toilet di SPBU Gratis, Pertamina Ingatkan soal Kebersihan

Penjaga Toilet SPBU bernama Nana (50) mengaku kaget dengan adanya tulisan tersebut.

Menurutnya dengan adanya hal ini membuat pendapatan berubah drastis semenjak adanya tulisan toilet gratis yang terpampang pada pintu kamar mandi yang dijaganya.

"Saya kan tidur disini, mulai tadi pagi, yang nempel orang kantor," ujar Nana kepada MNC Portal, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Pertamina Gratiskan Toilet di SPBU Usai Disentil Erick Thohir

"Biasanya saya jam segini itu sudah dapat Rp100 ribuan, tapi sekarang baru Rp50 ribu, itu iuga belum termasuk untuk makan dan biaya perawatan toilet," tambah Nana.

Nana menuturkan pendapatan dari menjaga toilet SPBU biasanya perhari bisa mencapai kurang lebih Rp150 ribu yang masuk ke kantongnya. Jumlah tersebut sebagian disisihkan untuk keperluan perawatan kamar mandi, seperti sabun dan pewangi.

"Gak ada tulisan gratis pun juga sudah banyak yang tidak membayar, bagaimana sekarang ada tulisannya, tapi ya tidak apa-apa," lanjut Nana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini