Share

4 Ruas Tol Terapkan Sistem Ganjil-Genap saat Libur Nataru

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Rabu 01 Desember 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 320 2510333 4-ruas-tol-terapkan-sistem-ganjil-genap-saat-libur-nataru-Rex90jGFoC.jpg 4 Ruas Tol Terapkan Sistem Gage (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan memberlakukan sistem ganjil-genap (gage) di 4 ruas jalan tol saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penerapan sistem ganjil genap dilakukan untuk menekan tingkat penyebaran covid-19 dan mobilitas masyarakat selama libur Nataru.

“Adapun sistem ganjil genap yang direncanakan akan diterapkan di 4 tol ruas tol Tangerang-Merak, ruas tol Bogor-Ciawi-Cigombong, ruas tol Cikampek-Palimanan-Kanci, ruas tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi," kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Tak Ada Pembatasan Angkutan Logistik Selama PPKM Level 3 Libur Nataru

Kemudian untuk pengaturan kendaraan di jalan tol, Kemenhub akan melakukan skema ganjil genap, buka tutup rest area, oneway, contraflow, serta melaksanakan random sampling di rest area atau tempat-tempat yang ditetapkan.

“Sedangkan, pada jalan non tol diterapkan skema ganjil genap juga di kawasan wisata kita lakukan one way contraflow dan berbagai upaya. yang penting kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang peduli lindungi dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen,” katanya.

Kemenhub akan mengkoordinasikan dan memastikan kesiapan operasionalisasi angkutan umum selama Nataru dengan melakukan kesiapan dan kelaikan operasi armada di setiap moda dengan ramp check.

“Tentu kita lakukan konsolidasi bersama TNI, Polri dan stakeholders dan bersama sama membuat posko-posko dan oleh karenanya kita selalu mengimbau kepada pemda untuk melakukan posko check point di daerah kedatangan dan keberangkatan,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini