Sebaran Abu Gunung Semeru Tak Membahayakan Penerbangan

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512405 sebaran-abu-gunung-semeru-tak-membahayakan-penerbangan-tL9C994Vze.jpg Gunung Semeru Meletus. (Foto: Okezone.com/Ist)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat erupsi Gunung Semeru tidak berdampak pada aktivitas penerbangan. BMKG telah memonitor sebaran abu vulkanik khususnya di udara tidak membahayakan dunia penerbangan.

"Saat ini kami akan terus melakukan monitoring secara intensif, terkait sebaran abu vulkanik," ujar Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG Edison Kurniawan, Senin (5/12/2021).

Baca Juga: Viral Pesan Utusan Nyi Roro Kidul Terkait Peristiwa Gunung Semeru Meletus

Edison mengatakan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan BMKG terkait pengaruh abu vulkanik yang berada di beberapa bandara. Belum ada hasil dampak abu vulkanik terhadap dunia penerbangan.

"Berdasarkan pengamatan hasil kami di lapangan saat ini BMKG telah melakukan beberapa pengamatan terkait pengaruh abu vulkanik yang berada di beberapa bandara, hasilnya sampai saat ini masih nihil, sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan dari abu vulkanik," sambung Edison.

Baca Juga: Mitos Letusan Gunung Semeru: Pertanda Bencana dan Ramalan Jayabaya

Selain itu, terkait cuaca dan angin yang bertup disekitaran erupsi gunung Semeru masih bisa dikatakan aman untuk melakukan perjalanan melalui udara.

"Berdasarkan pra kiraan penerbangan, khususnya di wilayah udara Gunung Semeru kami melihat bahwa pada ketinggian kurang dari 5.000 meter dan juga 5000-10.000 dan 10.000-15.000 meter kondisinya saat ini berawan, angin bertiup dari barat hingga timur, kemudian kecepatan angin itu berkisar 5 sampai 15 knote, artinya kondisinya cukup aman," tambah Edison.

Meski demikian Edison mengharapkan komunikasi untuk akses udara dengan menggunakan Helikopter dalam hal pendistribusian logistik agar bisa diberikan informasi terdini terkait pra kiraan cuaca.

"Kami akan siapkan untuk kebutuhan terkait dengan penggunaan heli untuk membantu kegiatan logistiknya, dan kami mohon bisa untuk mengontak langsung kepada saya untuk kami siapkan terkait pra kiraan cuaca penerbangan khususnya di wilayah gunung Semeru dan sekitarnya untuk membantu transportasi helikopter di lapangan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini