Share

Ini Pengalaman Pilot Terbang Lewati Erupsi Gunung Semeru

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512657 ini-pengalaman-pilot-lion-air-terbang-lewati-erupsi-gunung-semeru-fHKcUIpYaN.png Pilot Lion Air Terbang Lewati Erupsi Gunung Semeru (Foto: Tangkapan Layar TikTok)

JAKARTA – Pilot maskapai Lion Air Captain Ruud Van Pangemanan membagikan kisahnya saat terbang melewati daerah erupsi Gunung Semeru. Kisah ini dia bagikan melalui video singkat yang diunggah di akun media sosial pribadinya.

"Jadi saya juga mau klarifikasi terbang lewat Semeru dan Semeru dari atas baik-baik saja, tidak ada abunya. Mungkin jatuhnya ke bawah, karena mungkin ada air hujan," kata Captain Ruud Van Pangemanan dikutip dari akun TikToknya, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Cerita Pilot Lion Air Terbang Lewati Erupsi Gunung Semeru

Video durasi 1 menit itu dibagikan Captain Ruud Van Pangemanan sebelum lepas landas dari Denpasar menuju Ujung Pandang.

"Pagi, kita akan terbang dari Denpasar menuju Ujung Pandang," katanya.

Dalam video tersebut, kata Captain Ruud Van Pangemanan cuaca di Denpasar terjadi hujan lebat plus angin.

"Ada kilat juga. Kalau kita mau penerbangan cuaca begini, kita tunda take off dulu karena demi keselamatan penumpang, keselamatan kita bersama," katanya.

"Jadi penerbangan selalu menyenangkan dan selalu berdoa. Lets fly," sambungnya.

Sebelumnya, erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur tidak berdampak kepada industri penerbangan. Pilot maskapai Lion Air Ruud Van Pangemanan membagikan ceritanya yang akan terbang melintasi daerah erupsi tersebut.

“Tegang mau terbang melewati Gunung Semeru,” katanya di akun TikTok @captainruud, Minggu (5/12/2021).

“Guys, pagi ini saya akan terbang ke Denpasar. Naik JT028, pesawatnya LGM. Nah penerbangan ini bakal seru guys, karena kita akan melewati Gunung Semeru. Ya kita lihat erupsi dari Gunung Semeru, pasti seru,” kata

“Lets fly, tawakal aja sama Allah,” tambahnya.

Dalam video berdurasi 52 detik tersebut, Captain Ruud berharap agar penerbangannya dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, dia juga berharap agar terhindar dari dampak debu Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan kita gak terkena dampak debu dari Gunung Semeru ya. Kalau dilihat cuaca di sebelah Timur, itu berawan,” ucap dia.

Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, terjadi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Akibat peristiwa tersebut, berdasarkan data sementara, ada 15 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini