Bandara Tebelian Dukung Industri Perkebunan hingga Pertambangan

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 320 2513933 bandara-tebelian-dukung-industri-perkebunan-hingga-pertambangan-YaDlxcvogk.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone/Tangkapan Layar)

JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandara Udara (Bandara) Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Peresmian itu dihadiri juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Bandara Tebelian ini diproyeksikan akan menjadi infrastruktur penting untuk menunjang industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata.

Baca Juga: Ke Sintang, Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Pengendali Banjir dan Serahkan Bansos

“Pada dasarnya bandara ini adalah bandara kedua. Sudah dibangun (Bandara Tebelian) dari tahun 2011, tapi kita intensifkan tahun lalu. Dan bandara ini sangat penting untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, dan pariwisata, di Sintang, Sekadau, Senggau, Melawi,” kata Menhub Budi Karya dalam peresmian bandara secara Virtual, Rabu (8/12/2021).

Dia menjelaskan, Bandara Tebelian dapat dikembangkan agar memiliki landasan pacu sepanjang 2.200 meter, dari saat ini yang sepanjang 1.820 meter.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Bandara Tebelian Rp580 Miliar yang Diresmikan Presiden Jokowi

“Saat ini untuk pesawat ATR dan apabila kita bisa memperpanjang (landasan pacu) maka bisa didarati pesawat narrow-body 737,” tambahnya.

Kemudian kata dia tanah yang disiapkan Bandara ini adalah tanah yang untuk bandara seluas 153 hektare disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan total anggaran Rp580 miliar.

“Kami Kemenhub mengucapkan kepda Presiden Jokowi dan para stake holders dan Bandara ini menjadi infrastruktur konektivitas udara di Kalbar, yang merupakan salah satu provinsi terdepan dan berbatasan dengan Malaysia,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini