Share

Cara Hemat Uang dengan Beli Barang Bekas, Simak di Sini

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 12 Desember 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 622 2515735 cara-hemat-uang-dengan-beli-barang-bekas-simak-di-sini-c8kyq7ri2l.jpg Tips Hemat Uang (Foto: Okezone)

JAKARTA – Hemat uang dengan cara membeli barang. Dengan cara ini, mungkin kita bisa menghemat uang namun dapat membeli barang yang dibutuhkan.

Karena faktanya untuk menghemat uang adalah bagaimana kita membelanjakan uang tersebut. Belanja barang tidak harus yang baru, beberapa barang mungkin dapat dibeli walau keadaan bekas.

Baca Juga: 4 Cara Hemat Uang, Pilih Barang yang Sudah Tak Terpakai

Berikut 4 barang yang bisa dibeli bekas yang sangat bermanfaat untuk menghemat uang, dilansir dari realsimple, Jakarat, Minggu (12/12/2021).

 

1. Barang Elektronik

Barang elektronik selalu mengeluarkan seri terbarunya tiap tahun. Oleh sebab itu harga ponsel dapat jatuh antara 38% hingga 76% pada tahun pertama.

Jadi, jika beli Rp5,6 juta untuk telepon baru, maka akan kehilangan Rp2 juta – Rp4 juta. Anda dapat menghemat hingga 50 persen dari harga eceran dengan membeli barang elektronik bekas.

Barang elektronik dalam kondisi yang layak di pegadaian, toko barang bekas, atau di situs marketplace lainnya.

2. Perhiasan

Berbelanja perhiasan seperti cincin, kalung, dan gelang yang terbuat dari emas atau berlian untuk pernikahan.

Membeli baru mungkin lebih mahal karena industri perhiasan dengan markup yang tinggi. Alternatifnya dapat membeli perhiasan tersebut dengan keadaan bekas baik di pegadaian atau toko perhiasan setempat.

Sebelum itu pastikan barang tersebut terjamin keasliannya. Terkecuali Anda memang ingin mencari yang imitasi, dengan mencoba mencari perhiasan tersebut di pasar loak.

3. Mobil

 

Banyak orang juga ingin memiliki mobil dan tak jarang membeli yang baru. Padahal harga mobil bekas selalu mengalami penurunan.

Tercatat mobil bekas memiliki depresiasi sampai 20% - 30% per tahun terlebih lagi di masa pandemi. Yang artinya Anda dapat menghemat puluhan juta rupiah dengan hanya membeli mobil bekas.

 

4. Rumah

 

Selain menjadi kebutuhan dan impian banyak orang, rumah merupakan suatu investasi yang berharga.

Namun, bila ingin membeli rumah tidak selalu dalam keadaan baru dibangun dan dapat dibeli bekas pakai. Rumah yang sudah dibangun lama dapat menghemat 20% daripada rumah yang baru dibangun.

Seperti harga rata-rata untuk rumah baru di Amerika Serikat adalah lebih dari USD400.000 atau sekitar Rp5,7 miliar. Yang berarti bila membeli rumah bekas dapat menghemat hingga Rp2 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini