Share

PTSP di Pusat Perbelanjaan, Berikut Jadwal Pelayanannya

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 320 2520005 ptsp-di-pusat-perbelanjaan-berikut-jadwal-pelayanannya-EIwUEQVf0B.jpg Wagub DKI Jakarta Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah senantiasa dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perubahan dan responsif terhadap kebutuhan-kebutuhan publik. Hal tersebut telah mendasari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan program-program kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak melalui sinergi antara pemerintah, masyarakat dan swasta.

Program Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam PTSP Goes To Mal dengan menghadirkan pelayanan penanaman modal dan pelayanan perizinan/nonperizinan di Ruang Publik, diantaranya di Mall / Pusat Perbelanjaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan PTSP Goes To Mal kembali hadir, kali ini di PGC Cililitan dan Mal Metro Kebayoran.

“PTSP Goes To Mal kembali hadir, kali ini di PGC Cililitan dan Mall Metro Kebayoran yang dapat melayani warga setiap hari kerja pukul 10.00 sampai dengan 16.00” ujar Benni melalui keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Jam Operasional Mal Diperpanjang saat Nataru tapi Dilarang Gelar Event

Benni menambahkan PTSP Goes To Mall atau Penyelenggaraan PTSP di Ruang Publik merupakan Inovasi di Bidang Pelayanan Publik yang telah meraih Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia dan telah dikembangkan pelaksanaannya bukan saja di Mal/Pusat Perbelanjaan melainkan juga dilaksanakan di Ruang Publik lainnya seperti Rumah Sakit, Pasar, Taman, RPTRA/RTH, Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Car Free Day, dan lain sebagainya.

Sebelum Pandemi melanda, tercatat 88 Pengelola Ruang Publik telah berkolaborasi bersama DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam penyelenggaraan PTSP Goes To Mal. Kali ini di tengah Pandemi Covid-19, kami hadir di PGC Cililitan dalam PGC Terpadu Pelayanan Publik dan di Mal Metro Kebayoran dalam “Metro Terpadu Pelayanan Publik.

"Saya menghimbau kepada seluruh pemohon untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat saat mengakses pelayanan publik di PTSP Goes To Mal,” papar Benni.

Benni melanjutkan Pelayanan Publik yang Prima merupakan Kebutuhan Dasar dan Hak Sipil setiap Warga Negara yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara pelayanan publik. Untuk itu pihaknya senantiasa menghadirkan Inovasi Layanan yang memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat secara cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Baca Juga: Mal Diizinkan Buka dengan Syarat Ini saat Libur Natal

“Mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta menjadi semangat DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan penanaman modal dan pelayanan perizinan/nonperizinan kepada warga Ibu Kota secara cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman” pungkas Benni.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat meresmikan PGC Terpadu Pelayanan Publik dan Metro Terpadu Pelayanan Publik menyampaikan kehadiran Pelayanan Publik Terpadu di mal atau pusat- pusat perbelanjaan merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima melalui konsep one stop service dan one stop shopping.

“Semoga pelayanan publik terpadu ini berjalan dengan baik, lancar dan semakin sukses. Tentunya hal ini menunjukkan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan sistem jemput bola ke pusat- pusat tempat bekumpulnya masyarakatsalah satunya di mal- mal atau pusat perbelanjaan,” ujar Wagub Ariza saat meresmikan gerai Pelayanan Publik Terpadu di lantai 2 PGC Cililitan.

Lebih lanjut Wagub Ariza menegaskan bahwa penyelenggara pelayanan publik harus terus berakselerasi untuk mengimbangi kecepatan perubahan teknologi salah satunya dengan menghadirkan pelayanan publik secara online melalui aplikasi yang mudah digunakan.

“Pelayanan Publik Terpadu ini juga harus segera bergerak meningkatkan diri ke ranah online via aplikasi misalnya. Jadi pelayanan bisa dilakukan secara online, cukup masuk ke aplikasi. Pelayanan offline untuk konsultasi dan penyuluhan layanan online. Jadi keduanya pelayanan online dan offline, harus tetap ada” ujar Wagub Ariza.

Selanjutnya Wagub Ariza beserta rombongan melakukan peninjauan ke setiap gerai pelayanan yang tersedia, saat berkunjung ke gerai PTSP Goes To Mal DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Wagub Ariza menyerahkan perizinan usaha Mikro dan Kecil secara simbolis kepada salah satu pemohon yang merupakan pemilik tenant di PGC Cililitan.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Ariza pun mengimbau kepada masyarakat agar melakukan permohonan perizinan dan nonperizinan secara mandiri tanpa pihak ketiga dan memanfaatkan inovasi layanan yang dihadirkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Kepada warga Jakarta silahkan datang ke gerai pelayanan DPMPTSP yang kini hadir di PGC Cililitan dan di Mal Metro Kebayoran untuk berkonsultasi seputar prosedur pengajuan izin atau melakukan permohonan perizinan dan nonperizinan. Layanan jemput bola yang dihadirkan ini akan lebih memudahkan dan cepat sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga karena di Jakarta, Urus Izin Sendiri itu Mudah,” pungkas Wagub Ariza.

Adapun Jenis-Jenis Pelayanan Publik Terpadu di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur dan di Mall Metro Kebayoran, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang dapat dimanfaatkan Warga Ibu Kota diantaranya pelayanan penanaman modal dan perizinan/nonperizinan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, pelayanan kependudukan dan catatan sipil oleh Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, pelayanan pajak kendaraan bermotor, perpanjangan SIM C dan SIM A di gerai SAMSAT dan Pelayanan Pertanahan oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta.

Peresmian Pelayanan Publik Terpadu tersebut dilakukan secara langsung di PGC Cililitan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria bersama Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Komisaris Utama PGC sekaligus Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Dewanto serta Jajaran Pimpinan Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta yang terhubung secara virtual dengan Mal Metro Kebayoran bersama Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin.

Sebagai Informasi, pada kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno; Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali melalui tayangan video mengucapkan selamat dan turut bangga atas diresmikannya PGC Terpadu Pelayanan Publik dan Metro Terpadu Pelayanan Publik sebagai inovasi yang memudahkan dan mendekatkan layanan kepada warga Ibu Kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini