Share

Sudah Tua, RI Ganti 37 Jembatan Callender Hamilton

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 470 2523336 sudah-tua-ri-ganti-37-jembatan-callender-hamilton-Oddp0n4gdK.jpg Mengenal jembatan tipe Callender Hamilton (Foto: Instagram Kementerian PUPR)

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan mengganti/duplikasi 37 jembatan tipe Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa.

Sebab Indonesia telah membangun jembatan tipe CH ini pada pertengahan tahun 1970-an atau sekitar 40 tahun yang lalu.

Baca Juga: Jembatan Perahu Viral Omzet Rp25 Juta/Hari, Lewat 10 Kali Bisa Dapat Sembako

Proyek tersebut dilakukan melalui skema kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan direncanakan akan dimulai pada tahun 2022 mendatang.

Lalu apa itu jembatan Callender Hamilton (CH)?

Jembatan Callender Hamilton ini adalah jembatan dengan rangka baja yang merupakan inovasi dari Archibald Milne Hamilton.

Baca Juga: Viral Jembatan Perahu Milik H Endang, Bisa Kantongi Rp25 Juta/Hari

Ada dua tipe jembatan CH, yaitu through-type, jembatan dengan rangka baja berada di atas lantai jembatan atau bisa disebut juga lantai bawah. Dan deck-type, jembatan rangka baja berada di bawah lantai jembatan atau disebut juga lantai atas.

Namun pada dasarnya jembatan CH terdiri dari rangkaian panel rangka baja, yang mana tiap panel memiliki panjang 15 kaki (4,58 meter).

Jembatan itu tidak memerlukan proses pemotongan dan pengelasan untuk penyambungan. Sebagai gantinya jembatan CH menggunakan mur dan baut untuk sambungannya.

Panjang jembatan CH umumnya memiliki 7-11 panel. Dan jembatan itu dinilai sebagai jenis jembatan yang paling ekonomis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini