Share

BBM Premium dan Pertalite Dihapus Bertahap, Ini Jadwalnya

Athika Rahma, MNC Portal · Rabu 29 Desember 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 320 2524168 bbm-premium-dan-pertalite-dihapus-bertahap-ini-jadwalnya-yHhz0TkSdl.jpg Premium dan Pertalite Dihapus Bertahap. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - BBM jenis Premium dan Pertalite akan dihapus secara bertahap. Hal ini dilakukan guna mendukung pengurangan emisi karbon.

Peta jalan penghapusan ini sudah disusun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga: Waduh Petugas SPBU Curang Lagi, Bayar Rp300 Ribu Diisi Rp189 Ribu

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sebagai tahap awal, Pertamina sudah melakukan shifting dari Premium ke Pertalite.

"Mulai pertengahan tahun 2020, Pertamina, atas izin pemerintah, sudah melakukan program yang kita sebut Program Langit Biru dengan memberikan harga Pertalite seharga Premium," ujar Nicke dikutip dari video di kanal Youtube Wakil Presiden RI, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Mengejutkan! Diam-Diam Pertamina Mulai Hapus Premium sejak 2020

Shifting tersebut menghasilkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan Pertalite. Emisi karbon yang diturunkan juga mencapai 12 juta ton hingga saat ini.

Setelah masyarakat terbiasa menggunakan Pertalite, maka level penggunaan BBMnya akan ditingkatkan ke BBM bernilai oktan lebih tinggi seperti Pertamax. Untuk diketahui, Premium memiliki nilai oktan (RON) 88. Sementara, Pertalite bernilai oktan 90 dan Pertamax bernilai 92.

Mengacu pada ketentuan Kementerian LHK, bahan bakar yang beredar di pasaran direkomendasikan memiliki nilai oktan minimal 91.

"Nah, tahapan berikutnya itu seperti apa? Kami pun akan mendorong masyarakat untuk menggunakan yang lebih baik lagi. Supaya tadi ada sesuai dengan ketentuan minimum RON 91, kemudian lari ke Pertamax," jelas Nicke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini