Share

Kantong Kresek Dipajaki Tahun Ini

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2022 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 320 2526022 kantong-kresek-dipajaki-tahun-ini-LrRO9CurF0.jpg Pajak Kantong Plastik. (Foto:Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) serius dengan upaya mengurangi limbah plastik. Baru-baru ini, lima wilayah di negara bagian Virginia menetapkan pajak bagi warga yang masih menggunakan kantong plastik.

Virginia telah mengizinkan kabupaten dan kota mana pun untuk memaksa toko kelontong, apotek dan pengecer lain memungut pajak sebesar lima sen untuk setiap kantong plastik yang diberikan pada pembeli.

“Pajak atas kantong plastik akan menaikkan biaya bagi konsumen yang sudah berjuang keras dengan tagihan belanjaan yang meningkat pesat karena meluasnya inflasi,” ujar Direktur Eksekutif kelompok tersebut, Zachary Taylor, melansir VOA Indonesia, Sabtu (1/1/2021).

Kantong-kantong plastik yang dirancang sebagai barang sekali pakai dinilai sebagai salah satu sampah yang mencemari lingkungan. Selain sulit terurai, sampah kantong plastik juga dapat melepaskan bahan kimia berbahaya bagi makhluk hidup.

Baca selengkapnya: Pakai Kantong Plastik Kena Pajak Mulai 2022 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini