Share

Presiden Jokowi Ultimatum Pertamina dan Swasta soal Pasokan LNG

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 320 2526926 presiden-jokowi-ultimatum-pertamina-dan-swasta-soal-pasokan-lng-PgUxN9ePoI.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pasokan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) diutamakan untuk kebutuhan dalam negeri. Baik LNG dari Pertamina maupun perusahaan swasta.

“Saya juga minta kepada produsen LNG baik itu Pertamina maupun perusahaan swasta untuk mengutamakan kebutuhan di dalam negeri terlebih dahulu,” kata Jokowi, Selasa (3/1/2021).

Baca Juga: Dirut Pertamina Buka-bukaan Stok BBM dan LPG di RI, Masih Aman?

Presiden juga memerintahkan Kementerian terkait untuk mencari solusi terkait masalah pasokan LNG.

"Selain itu, saya perintahkan Kementerian ESDM, Kementerian BUMN untuk mencari solusi permanen dalam menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi kembali menegaskan bahwa pemerintah mewajibkan perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beserta anak perusahaannya yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, maupun pengolahan sumber daya alam lainnya untuk menyediakan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu sebelum melakukan ekspor. Hal ini sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945.

Baca Juga: Tak Hanya BBM, Erick Thohir Minta Pertamina Bangun Bisnis Petrochemical

"Ini adalah amanat dari Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini