Share

Sri Mulyani: Negara Kaya Aja Ngutang, Kita Harus Siap untuk Utang

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 320 2528287 sri-mulyani-negara-kaya-aja-ngutang-kita-harus-siap-untuk-utang-grElI620UL.jpeg Menkeu Sri Mulyani bicara soal utang (Foto: Okezone)

JAKARTA Utang Indonesia terus menjadi sorotan masyarakat. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun menjawab pertanyaan mengenai utang Indonesia yang terus dimasalahkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 6 Fakta Sri Mulyani Bisa Bayar Utang Rp6.000 Triliun, Nomor 2 Mengejutkan

Kata dia, utang Indonesia ini lebih baik dibandingkan negara maju. Sebut saja Amerika Serikat dan Jepang yang memiliki utang lebih tinggi dari Indonesia.

"Negara kaya saja ngutang. Amerika Serikat aja utangnya 100 persen dari PDB," kata Sri Mulyani dalam Podcast Dedy Corbuzier, Jakarta, Kamis (5/1/2022).

Baca Juga: Utang Pemerintah Rp6.000 Triliun, Sri Mulyani: Insya Allah Kita Bisa Bayar

Kata dia, semua negara juga harus bersiap mengalami utang. Untuk itu, utang harus dikelola dengan baik dan tepat agar bisa membayarnya tanpa merugikan negara dan masyarakat.

"Jadi kita harus siap dan enggak siap untuk utang," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, mampu membayar kembali utang-utang Indonesia. Utamanya bila hasil belanja infrastruktur dan belanja untuk SDM berkualitas mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi, pihaknya akan mampu membayar utang sehingga kembali ke level yang aman.

"Sebagian utang yang nanti kita bayar lagi, kalau belanja bagus jadi infrastruktur bagus, SDM berkualitas buat Indonesia, ekonomi tumbuh, pasti bisa bayar lagi utangnya. Termasuk SBSN pasti kita bisa bayar, Insha Allah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini