Share

Jajaran 10 Wanita Jadi Bos BUMN, Ada Nicke Widyawati hingga Ira Puspadewi

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 320 2528685 jajaran-10-wanita-jadi-bos-bumn-ada-nicke-widyawati-hingga-ira-puspadewi-SafMRaygfc.jpg Daftar Direksi BUMN Perempuan. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Kementerian BUMN mendorong kesetaraan gender dalam jajaran direksi perseroan. Sekarang sudah semakin banyak perempuan yang menjabat posisi pimpinan di BUMN.

Hingga 2021, jumlah dewan direksi perempuan di BUMN mencapai 15%.

Baca Juga: Erick Thohir Senang Laba Bersih BUMN Naik hingga Rp61 Triliun di 2021

"BOD BUMN perempuan realisasi 2021 mencapai target 15% dari target 2023 sebesar 25%," demikian dikutip dari dokumen resmi milik Kementerian BUMN, Jumat (7/1/2022).

Mereka yang menjadi pimpinan di BUMN juga memiliki posisi yang tidak kalah penting dengan direksi laki-laki. Misalnya, Nicke Widywati, menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina. Lalu, ada Ira Puspadewi yang menjadi Direktur Utama PT ASDP Ferry.

Baca Juga: Dapat PMN Rp6,9 Triliun, KAI Guyur Rp4,3 Triliun Bereskan Kereta Cepat

Posisi tertinggi lainnya dipegang oleh Fetty Kwartati sebagai Direktur Utama PT Sarinah. Setia Milatia Moemin juga menjabat sebagai Direktur Utama di DAMRI. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri juga dijabat oleh perempuan, yaitu Alexandra Askandar.

Posisi penting lainnya juga banyak diisi oleh perempuan. Posisi Direktur Keuangan BNI diisi oleh Novita Widya A, lalu Farida Thamrin menjabat sebagai Direktur Keuangan dan MR PT Bukit Asam. Direktur Keuangan MIND ID, holding BUMN tambang, dijabat oleh Devi Pradnya Paramita.

Perusahaan farmasi PT Biofarma juga memiliki direksi perempuan, yaitu Yuliana Indriati sebagai Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis. Sementara BUMN konstruksi Hutama Karya memiliki Hilda Savitri sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini