Share

Anti-Boros! Ini Cara Mudah Atur Keuangan dalam 5 Hari

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 622 2529150 anti-boros-ini-cara-mudah-atur-keuangan-dalam-5-hari-0kyAjCJmCM.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mengelola keuangan perlu direncanakan untuk berbagai keperluan di masa mendatang. Meski sekadar komitmen mengurangi pengeluaran hingga membeli rumah impian, penting untuk memanfaatkan uang yang dimiliki sebaik mungkin.

Hal ini pun tak terlalu sulit untuk dilakukan. Jika berpikiran sederhana, mengatur keuangannya pun akan sederhana. Itulah kuncinya.

Berikut rencana keuangan lima hari untuk membantu merombak keuangan Anda menurut Direktur Tabungan dan Investasi Barclays, Clare Francis, seperti dikutip, Jakarta, Sabtu (8/1/2021).

 

Baca Juga: Yuk, Sehatkan Finansial dengan Menabung, Cek Cara Cerdas dari MotionBanking Ini


Hari Pertama: Kenali Pola Pengeluaran dan Sesuaikan Anggaran

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa akun keuangan. Jadi, Anda telah memiliki pemahaman tentang kemampuan diri sebelum menyesuaikan rencana keuangan. Beberapa perubahan pun mungkin perlu dilakukan.

Setelah itu, gunakanlah kalkulator untuk menghitung apakah besar pengeluaran lebih besar daripada pemasukan yang diperoleh. Ketahui titik kritis dan apa yang mampu dilakukan.

“Mengendalikan uang Anda adalah salah satu hal yang paling memberdayakan yang dapat Anda lakukan. Tetapi sebelum Anda membuat perubahan apa pun, luangkan waktu untuk memahami kebiasaan dan keadaan pengeluaran Anda saat ini, ”kata Clare.

 

Hari Kedua: Selesaikan Utang

Mengelola utang terkadang memang sangat melelahkan, tetapi tak ada masalah utang yang tak bisa diselesaikan. Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah mengajukan pinjaman konsolidasi utang.

Hal ini berarti Anda bisa mengelola pembayaran utang di satu tempat dan membayar jumlah bulanan tetap. Jumlah bulanan ini pun bisa dimasukkan ke rencana anggaran agar lebih mudah dikelola.

Jika memiliki tabungan, itu bisa dijadikan opsi lain untuk melunasi utang. Meski memiliki dana darurat atau tabungan hari tua tampak lebih bijaksana, nyatanya lebih baik melunasi utang terlebih dahulu untuk menghindari biaya pinjaman tambahan.

Hari Ketiga: Tentukan Priotitas

 

Sebenarnya, ada banyak cara agar Anda tak perlu membayar lebih untuk kebutuhan pokok seperti tagihan rumah tangga dan supermarket mingguan.

Ada pula tagihan listrik atau gas yang makin banyak menguras hasil jerih payah Anda. Solusinya, lakukanlah perbandingan harga untuk melihat kesepakatan yang lebih baik. Mudah dan cepat, Anda tinggal beralih.

 

Hari Keempat: Buang Kebiasaan Buruk

Menghapus kebiasaan buruk dan menyambut perubahan gaya hidup hemat uang dapat membantu Anda. Contohnya, seperti bersepeda ke tempat kerja. Di lain sisi, Anda juga bisa menghemat dengan menjadi lebih cerdas tentang akun keuangan Anda.

“Apakah Anda mendapatkan hasil maksimal dari akun Anda saat ini? Sudahkah Anda memeriksa biaya tersembunyi dan suku bunga?" tanya Clare.

 

Hari Kelima: Fokus Pada Masa Depan

 

Apapun yang Anda rencanakan untuk masa depan, baik itu membeli mobil, rumah, atau bahkan memulai bisnis, rencana tersebut tergantung pada nilai kredit Anda. Skor kredit mempengaruhi kemampuan Anda dalam meminjam hipotek atau pinjaman, atau berbagai cara lainnya.

Untuk meningkatkan skor, ada berbagai langkah sederhana yang bisa diambil, yaitu mengambil pinjaman gaji atau melewatkan pembayaran tagihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini