Share

Ekspor Batu Bara Masih Dilarang?

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2530882 ekspor-batu-bara-masih-dilarang-m17jFgGHvF.jpg Ekspor Batu Bara Diizinkan? (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - Indonesia kembali ekspor batu bara mulai hari ini. Sebelumnya, ekspor dihentikan karena terjadi krisis pasokan batu bara untuk PLTU.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Jamaluddin menegaskan, pembukaan ekspor masih tergantung pada rapat yang akan dilaksanakan para menteri pada Rabu ini.

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Diizinkan, Jepang Sampaikan Terima Kasih ke Luhut

"Untuk batu bara yang dikapalkan ini masih belum ada keputusan. Akan dievaluasi para menteri pada rapat yang setahu saya dilaksanakan Rabu," ujar Ridwan dalam diskusi Economic Challenges, ditulis Rabu (12/1/2022).

Ridwan menandaskan, selama keputusan hasil rapat tersebut belum keluar, maka ekspor batu bara masih tetap dilarang hingga 31 Januari mendatang.

"Masih berlaku sampai 31 Januari 2022," katanya.

Baca Juga: Pengusaha Sumringah Ekspor Batu Bara Dibuka Besok

Adapun, sebelumnya Menko Luhut mengatakan sebelum melakukan ekspor batu bara, kapal akan diverifikasi. Bagi kapal berisi batu bara yang lolos verifikasi sesuai peraturan dan regulasi Domestic Market Obligation (DMO) diperbolehkan berangkat.

"Jadi nanti kita masih lihat, sekarang yang pertama semua yang pertama semuanya sudah membaik, nanti, kapan mau dibuka ekspor secara bertahap kita mulai Rabu besok,” kata Luhut, Senin (10/1/2022).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini