Share

Mohon Maaf! Pemerintah Belum Izinkan Kapal Berlayar Ekspor Batu Bara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531031 mohon-maaf-pemerintah-belum-izinkan-kapal-berlayar-ekspor-batu-bara-WOe8B9s2e3.jpg Batu Bara (Foto: Dokumen PLN)

JAKARTA - Pemerintah belum mengizinkan kapal berlayar untuk ekspor batu bara. Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengeluarkan surat izin atas persetujuan berlayar untuk kapal pengangkut batu bara kegiatan ekspor ke berbagai negara tujuan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, Kemenhub belum dapat mengeluarkan surat izin tersebut. Pihaknya akan membuka pintu keluar jika sudah ada persetujuan dari Kementerian ESDM.

“Kami belum mengeluarkan, Ya menunggu clearance dari ESDM, baru bisa diterbitkan surat persetujuan berlayar,” kata Jubir Kemenhub Adita Irawati saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Masih Dilarang?

 

Adita menjelaskan, terkait persetujuan izin ekspor batu bara, pemerintah akan menggelar rapat koordinasi antar kementerian dan lembaga lanjutan untuk membahas lebih detail.

“Nanti akan ada rakor lintas kementerian dan lembaga dulu untuk membahas hal ini,” katanya.

 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sebanyak 14 kapal telah siap berlayar untuk kembali melakukan ekspor dan kegiatan ekspor batu bara akan kembali dibuka hari ini dengan catatan izin dan verifikasi ekspor akan diberikan secara bertahap.

“Nanti kami akan buka ekspor batu bara lagi secara bertahap dan dievaluasi mulai Rabu,” kata Luhut di kantornya, Senin (10/1/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini