Share

Sumber Kekayaan Hulu Umzakirman, Tercatat Punya Rp1,8 Triliun di LHKPN tapi Ternyata...

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531061 sumber-kekayaan-hulu-umzakirman-tercatat-punya-rp1-8-triliun-di-lhkpn-tapi-ternyata-McW2BR9vww.jpg Sumber Kekayaan Umzakirman. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA Sumber kekayaan Hulu Umzakirman menarik untuk diinformasikan. Pasalnya, Umzakirman merupakan Kepala Bagian Sekda Pemkab Rokan yang masuk 10 pejabat negara terkaya di Indonesia.

Umzakirman tercatat memiliki harta Rp1,8 triliun. Dia menjadi pejabat terkaya ke-6 di Tanah Air dengan kekayaannya tersebut.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Garibaldi Thohir, Bos Tambang Berharta Rp37 Triliun

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (12/1/2022), berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Umzakirman tercatat awal melaporkan hartanya pada 23 Maret 2020.

Laporan tersebut berisi kekayaan Umzakirman pada 2019. Saat itu, Umzakirman memiliki 5 tanah dan bangunan senilai Rp1.801.140.000.000 (triliun).

Kemudian, dia juga memiliki alat transportasi berjumlah 3 unit senilai Rp89 juta. Harta bergerak lainnya tidak ada, namun dia memiliki surat berharga senilai Rp63.007.675.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Almalik Pababari, Anggota DPD RI Berharta Rp105 Miliar

Selain itu, dia juga tidak memiliki kas, harta lainnya, serta utang. Adapun total harta kekayaannya mencapai Rp1.801.292.007.675 (triliun). Shelma Rachmahyanti

Meski dibilang memiliki kekayaan Rp1,8 triliun, Umzakirman siap diperiksa hartanya. Dia menegaskan dirinya tidak memiliki harta kekayaan yang mencapai Rp1,8 triliun seperti yang dilansir KPK melalui LHKPN.

"Saya siap diperiksa. Tidak benar saya memiliki harta sebanyak itu. Jadi jika mereka (KPK) mau turun ke sini silahkan periksa harta saya persatu," kata Umzakirman. 

Dia menjelaskan memang memiliki kekayaan beberapa bidang tanah di Pasirpangaraian Ibu Kota Kabupaten Rohul. Namun ditaksir seluruh aset tanah dan bangunannya hanya Rp1,2 miliar. Dia sangat menyakini bahwa nominal hartanya yang dilansir KPK ada kesalahan. Namun dia memaklumi jika semuanya karena salah entry alias human error.

Dia menegaskan bahwa perkiraan harta baik yang bergerak maupun tidak bergerak hanya Rp 1,8 miliar. Baca: Disebut KPK Punya Kekayaan Rp1,8 Triliun, Ini Jawaban Kabag Kesra Rohul. "Ada salah entry itu. Kekayaan saya itu perkiraan hanya Rp 1,8 miliar. Bukan 1,8 triliun. Kalau Rp1,8 T saya cari sampai langit ke tujuhpun tidak akan dapat," tukas pejabat Eselon III Pemkab Rohul itu.

Untuk itu, hari ini dia melaporkan terkait yang dilansir KPK tersebut kepada pihak Inspektorat Pemkab Rohul. Dia akan mencari tahu kemungkinan kesalahan data. "Saya terakhir melapor harta kekayaan pada Februari lalu. Nanti pihak inspektorat yang menyampaikanna kepada KPK untuk perbaikan datanya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini