Share

Sumber Kekayaan Garibaldi Thohir, Bos Tambang Berharta Rp37 Triliun

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 455 2530479 sumber-kekayaan-garibaldi-thohir-bos-tambang-berharta-rp37-triliun-OcE3hw8CuH.png Sumber Kekayaan Garibaldi Thohir. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA Sumber kekayaan Garibaldi Thohir berasal dari berbagai bisnis yang dimilikinya. Seperti diketahui dia juga merupakan tuan tanah lahan yang akan dibangun Kawasan Industri Hijau terbesar di dunia Kalimantan Utara (Kaltara).

Menurut data Forbes, Selasa (11/1/2022), kekayaan Garibaldi Thohir yang akrab disapa Boy Thohir ini sebesar USD2,6 miliar atau sekitar Rp37,18 triliun.

Dari jumlah kekayaan tersebut Boy Thohir juga menduduki posisi 17 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021.

Dan berikut sumber kekayaan Garibaldi Thohir yang dirangkum Okezone, Selasa (11/1/2022).

Otomotif dan Pembiayaan

Pria lulusan Northrop University di California, AS dengan gelar MBA ini pertama kali terjun ke perusahaan otomotif Astra.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Almalik Pababari, Anggota DPD RI Berharta Rp105 Miliar

Pada tahun 1997, Boy Thohir memulai debutnya ke bisnis keuangan, dia membangun perusahaan pembiayaan sepeda motor Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance). Dan hingga saat ini Boy masih mendistribusikan motor honda tersebut.

Bisnis Pertambangan

Beberapa tahun sebelum membangun perusahaan WOM Finance, Boy Thohir telah bergabung dalam bisnis pertambangan di Sumatera Barat. Dia bergabung di PT Allied Indo Coal pada tahun 1992.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Ryan Firman, Direktur Termuda di BUMN dengan Segudang Pengalaman

Setelah itu pada tahun 2005, kakak dari Erick Thohir ini membentuk kerja sama dengan pengusaha di Indonesia untuk membeli Adaro Energy dari perusahaan asal Australia dan mengakuisisi saham Allied Indo Coal.

Pada saat itu dia sekaligus menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO Adaro Energy (ADRO) sampai sekarang.

Bukan hanya Adaro saja, Boy juga memiliki kepemilikan sahamnya di perusahaan lain. Seperti kepemilikan 8,95% saham Merdeka Gold Copper (MDKA), perusahaan tambang emas di Banyuwangi, Jawa Timur. Serta saham sebesar 25% di Surya Eka Perkasa (ESSA) melalui PT Trinugraha Akraya Sejahtera.

Telekomunikasi, Properti, hingga Bisnis Pelabuhan

Selain dari bidang pertambangan, pria kelahiran 1 Mei 1965 ini juga memiliki saham di Hutchison 3 Indonesia. Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia.

Kemudian, Boy melalui Episenta Utama Investasi memiliki saham sebesar 74% di Nusantara Pelabuhan Handal (PORT).

Garibaldi Thohir bersama keluarganya juga mempunyai serta mengoperasikan bisnis hotel dan restoran.

Di pertengahan 2019, Boy Thohir menjabat sebagai Komisaris Independen Gojek. Dia juga telah merencanakan kerjasama dengan komisaris e-commerce Tokopedia sehingga melahirkan Grup GoTo pada tahun 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini