RI Punya ID Food, Erick Thohir: Kita Harus Punya Roadmap Pangan! Bukan China dan AS

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531107 ri-punya-id-food-erick-thohir-kita-harus-punya-roadmap-pangan-bukan-china-dan-as-WSHddtQSfp.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan peta jalan atau roadmap pangan Indonesia tidak mengacu pada peta jalan negara lain. Seperti China dan Amerika Serikat (AS).

Erick meminta agar Holding BUMN Pangan itu menyusun peta jalan berdasarkan kebutuhan pasar di Tanah Air. Hal itu sejalan dengan sumber daya alam (SDA) dan market dalam negeri yang dinilai potensial.

"Kita harus punya roadmap Indonesia, bukan roadmap China, bukan roadmap Amerika, negara kita berbeda dengan negara lain," ujar Erick saat ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, Indonesia seyogyanya menjadi pemimpin dalam ekosistem pangan global. Penilaian itu didasarkan pada SDA dan pasar Tanah Air. Meski begitu, Erick tak menapikan Indonesia masih tertinggal dengan negara lain di sisi inovasi dan teknologi di sektor pangan.

Baca Juga: Kedua Putrinya Lulus Sekolah, Erick Thohir: Semuanya Terasa Begitu Cepat Berlalu

Bahkan, dia mengingatkan ekosistem pangan di dalam negeri akan tertinggal, bila Indonesia hanya menjadi market negara lain. Artinya, Erick menginginkan Indonesia membetuk ekosisten pangannya sendiri berdasarkan peta jalannya.

"Kalau kita tidak memperbaiki ekosistem kita, roadmap kita, ekosistem kita, market kita, tentu akan jadi kalah dengan ekosistem negara lain yang melihat Indonesia hanya sebagai market dan sumber daya alam yang baik," ungkap dia.

Untuk menguatkan ekosistem pangan, Erick meminta semua pihak tidak mengedepankan ego sektoral. Sebab, ego tidak memberikan solusi atas permasalahan pangan yang terjadi. Justru, semua pihak harus memperkuat sinergisitasnya.

Baca Juga: BUMN 'Keroyokan' Optimalkan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung-KEK Sei Mangkei, Ini Pesan Erick Thohir

"Apakah kita sekarang mau pilih mau masih ego sektoral yang tidak memberikan solusi kepada negara dan rakyat kita? Atau pilihannya hanya satu kita membuka hati kita, kita bergotong-royong membangun yang namanya ekosistem Indonesia," ucap dia.

Untuk diketahui peluncuran brand baru Holding BUMN Pangan dengan sebutan ID Food di kawasan Kota Tua Jakarta pada, Rabu 12 Januari 2022 menjadi momentum penting atas upaya transformasi pangan Indonesia. Erick mencatat, salah satu tujuan Holding BUMN Pangan adalah memperbaiki tata kelola rantai pasok (suply chain) pangan guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Peluncuran ID Food usai pemegang saham mengalihkan saham (inbreng) lima BUMN di sektor pangan kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI. Adapun ke 5 BUMN yang dimaksud, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Berdikari, dan PT Garam kepada.

"Tentu kita tidak bicara seluruh Indonesia, kita bicara pihaknya kita dulu, perbaikan suply chain di pangannya BUMN. Kita mergerkan dari 8 perusahaan jadi 5. Kalau kurang kita mergerin lagi, kalau masih bandel kita mergerin lagi. tapi saya rasa 5 angka yang bagus," ungkapnya.

Erick menegaskan, peluncuran brand nama dan logo baru Holding Pangan bukan semata simbolik belaka. Namun, menjadi awal dari upaya pemerintah mewujudkan kemandirian pangan nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini