Share

BBM Premium Dihapus, Pertalite Akhirnya Disubsidi

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 320 2534494 bbm-premium-dihapus-pertalite-akhirnya-disubsidi-iwX65udQSI.jpg BBM Premium Akan Dihapus. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian ESDM menjelaskan kabar penghapusan BBM Premium. Dirjen Minyak dan Gas Tutuka Ariadji mengatakan, BBM premium secara alami akan menghilang tergantikan dengan BBM yang lebih ramah lingkungan.

"Kalau Premium itu secara natural akan habis, kemudian Pertalite akan muncul," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: BBM Premium Dihapus, Menteri ESDM Sebut Akan Hilang Sendiri

Lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 117 tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden No.191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM, pemerintah bisa memberi kompensasi penjualan BBM Khusus Penugasan. Premium adalah salah satu komponen campuran Pertalite, yang nantinya bisa disubsidi.

Menambahkan, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih menyebutkan pemberian subsidi dilakukan untuk meningkatkan penggunaan BBM ramah lingkungan di masyarakat, namun tidak menyulitkan secara finansial.

Baca Juga: Menteri ESDM Akui Subsidi BBM Banyak Kebocoran

"Kami mengharapkan adanya perbaikan kualitas BBM yang dipakai masyarakat, namun tetap menjaga affordability-nya. Terkait yang saat ini beredar di masyarakat, untuk Pertalite nanti Pertamina akan mendapat kompensasi," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini