Share

Raup Puluhan Juta Rupiah dari Bisnis Ayam Hias

Budi Sunandar, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 455 2535211 raup-puluhan-juta-rupiah-dari-bisnis-ayam-hias-4zSkVb1kjr.jpg Inspirasi Bisnis ayam hias (Foto: Youtube)

JAKARTA - Seorang mahasiswa meraup penghasilan dengan omzet hingga puluhan juta rupiah lewat bisnis ayam hias. Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa di Lubuk Minturun, Kota Padang ini memanfaatkan sisa halaman belakang rumah untuk memulai usaha tersebut.

Baca Juga: Berawal dari Hobi, Peternak Domba Garut Ini Cuan Rp20 Juta/Bulan

Pemilik peternakan ayam hias ini bernama Rifadh Desyca atau akrab disapa Ifan, dia tercatat sebagai salah satu mahasiswa universitas negeri di Kota Padang.

Ifan membudidayakan ayam hias miliknya mencapai ratusan ekor dengan 10 jenis ayam hias, terdiri dari ayam hias lokal dan impor yang juga sudah dipasarkan secara online.

Baca Juga: Ibadah Umrah Dibuka, Angin Segar bagi Pedagang Kurma dan Oleh-Oleh Haji

Adapun untuk aneka ragam ayam hias yang ditawarkan di antaranya amerikan silky dan ayam sulthan. Bukan hanya itu, terdapat jenis pheasen yaitu golden, reeves, dan lady serta beberapa ayam merak.

Bisnis ayam hias ini bermula dari kegemaran Ifan memelihara ayam di masa pandemi. Namun ternyata tanpa disangka, berawal dari hobi kini justru berkembang pesat menjadi ratusan ekor ayam hias.

Besaran harga ayam hias ini dijual berkisar Rp100 ribu untuk anakan, sementara jika ayam per pasang atau indukan bisa dibanderol harga hingga puluhan juta rupiah.

Kesuksesan ini juga terbukti karena ayam-ayam hias milik Ifan kerap kali memenangkan juara dalam acara kontes ayam hias yang diselenggarakan di Kota Padang sehingga tawaran harganya pun meroket naik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini