Share

Berburu Minyak Goreng Rp14.000! Emak-Emak Tak Ingin Kehabisan, Rela Antre Sebelum Toko Buka

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 320 2536856 berburu-minyak-goreng-rp14-000-emak-emak-tak-ingin-kehabisan-rela-antre-sebelum-toko-buka-ixrLBiyGKX.jpg Minyak Goreng Murah (Foto: MPI)

JAKARTA - Penerapan harga minyak goreng murah Rp14.000 per liter menimbulkan panic buying. Kebijakan pemerintah yang menerapkan harga minyak goreng Rp14.000 kini menimbulkan masalah baru.

Masyarakat yang ingin membeli minyak goreng murah Rp14.000 kini kesusahan mendapatkan minyak goreng Rp14.000 karena stok minyak goreng sudah habis imbas adanya panic buying.

Bahkan, dalam pantauan MNC Portal Indonesia di salah satu ritel modern di Bekasi terlihat terlihat rak penyimpanan minyak goreng hanya tersisa merek Tropical kemasan botol 2 liter. Untuk merek lain sudah tidak tersedia.

Terlihat pula rombongan emak-emak menyerbu ke rak penyimpanan minyak goreng agar tak kehabisan. Pegawai Super Indo, Mayang (28) menyebut, sejak pagi emak-emak sudah antre di depan ritel sebelum jam operasional. Maka dari itu, tak heran dalam hitungan menit minyak goreng ludes terjual.

"Dari hari pertama itu emak-emak udah ngantri di depan. Sampai hari ini masih begitu. Makanya nggak bertahan lama minyak goreng ada di rak," katanya, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: KPPU Ungkap 4 Produsen Besar Minyak Goreng Kuasai Pasar Indonesia

Merek minyak goreng yang paling banyak stok adalah Tropical. Sedangkan untuk merek Sunco, Bimoli dan lainnya terbatas.

"Paling banyak stok di sini Tropical. Kalau kaya Sunco, Bimoli gitu terbatas. Makanya sekarang sisa Tropical aja. Tapi tiap hari kita sediain kok. Sekarang kan habis, nanti malem barangnya masuk lagi," tambahnya.

 

Di tempat berbeda, menurut pengakuan pegawai Indomaret yang tak mau disebutkan namanya, stok minyak goreng sudah habis sejak hari pertama dan belum ada barang masuk lagi hingga hari ini.

"Sudah habis sejak hari pertama itu yang tanggal 19 Januari. Ibu-ibu pada dateng ke sini beli minyak. Habis itu kosong sampai hari ini belum masuk lagi. Nanti sore atau malam mungkin barang datang tapi nggak pasti juga sih," katanya saat ditemui di lokasi.

Selanjutnya, MPI melakukan penelusuran kembali ke ritel berbeda. Kali ini Alfamart. Hal serupa juga terjadi ditempat ini, minyak goreng habis. Yang tersisa hanyalah merek Barco di mana minyak tersebut bukan termasuk merek minyak yang membanderol harga Rp14.000 per liter.

Pegawai Alfamart, Rini (26) menuturkan, minyak goreng subsidi sudah habis sejak pagi sekira pukul 08.00 WIB. Dia mengatakan, stok minyak selalu diisi tiap hari, namun tak sampai tengah hari sudah ludes di jajal emak-emak.

"Belum dateng lagi minyaknya. Yang di rak sudah habis semua. Di gudang juga nggak ada. Tapi tiap hari kita isi kok," ungkapnya.

Rini menerangkan, dalam satu hari, petugas ritel mengeluarkan empat karton yang tiap karton berisi enam buah minyak goreng ukuran 2 liter.

"Cuma ya gitu, beberapa jam langsung habis sama emak-emak. Nanti malam barangnya masuk lagi," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini