Share

DME Gantikan Gas LPG, Harganya Lebih Murah Enggak?

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 320 2537847 dme-gantikan-gas-lpg-harganya-lebih-murah-enggak-wAZKbQMHUq.jpg DME Bakal Gantikan Gas LPG. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Dimetil Eter (DME) direncanakan akan gantikan LPG. DME yang dihasilkan dari proyek gasifikasi batu bara pun akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, harga LPG saja kini sudah meroket. LPG non subsidi pun sudah mengalami kenaikan. Lantas, apakah harga DME bisa lebih murah dari LPG?

Baca Juga: Gas Baru Buatan RI Tekan Impor LPG Rp80 Triliun, Cek 5 Faktanya

"Biaya DME meliputi harga batu bara, biaya pemrosesan atau pengolahan DME dan biaya distribusi yaitu USD617 per ton DME," jelas Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Menurut Dadan, nantinya harga tersebut akan setara dengan harga patokan LPG di kisaran USD 802 per ton LPG. Harga ini masih lebih rendah dari rerata harga patokan LPG selama 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Soroti Impor Bikin Rugi Negara, Jokowi: Duduk di Zona Nyaman Paling Enak

"DME masih bisa bersaing bila dibandingkan dengan rata-rata Harga Patokan LPG 10 tahun terakhir USD 808 per ton," kata Dadan.

Adapun, harga batu bara untuk DME ini juga sudah tetap (fixed) sehingga tidak terpengaruh gejolak pasar. Lalu, komoditasnya akan disuplai langsung oleh PT Bukit Asam.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melakukan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi DME di Muara Enim, Sumatera Selatan. Jokowi meminta pembangunan ini kelar dalam 30 bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini