Share

Menteri Bahlil Geleng-Geleng Ada yang Bilang Jadi PNS Bakal Kaya

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 622 2537862 menteri-bahlil-geleng-geleng-ada-yang-bilang-jadi-pns-bakal-kaya-omKve8srWf.jpg Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia mengaku heran dengan fenomena anak muda ingin menjadi karyawan ketimbang pengusaha. Padahal, cita-cita para milenial menjadi kaya raya.

Menurutnya, karyawan atau pegawai pemerintahan maupun perusahaan negara dan swasta statusnya tetap saja karyawan. Gajinya tentu berbeda jauh dengan pengusaha.

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Perempuan, dari Pengacara hingga CEO

"Saya tidak ngerti ada yang bilang jadi ASN itu bakal jadi kaya. Namanya karyawan, nggak mungkin jadi orang kaya, kecuali Allah berkehendak lain," ungkapnya dalam Indonesia Economic Outlook 2022 HIPMI, Rabu (26/1/2022).

Dirinya mencontohkan, yang menjabat sebagai menteri gajinya tidak lebih dari Rp20 juta. Padahal, tugas dan tanggung jawabnya sangat berat. Berbeda ketika dirinya menjadi komisaris di suatu perusahaan yang gajinya minimal menyentuh angka Rp200 juta.

Baca Juga: Sukses Karier Jadi IT, 4 Bahasa Ini Wajib Diketahui

"Gaji menteri saja nggak lebih dari Rp20 juta, gayanya saja mantap, tapi tiap hadir paling depan. Tapi jangan berpikir pejabat itu duitnya banyak, kewenangan iya, tapi untuk kesejahteraan rakyat," kata Bahlil.

Oleh karenanya, jika ingin jadi kaya, Bahlil mendorong anak muda menjadi wirausahawan. Sayangnya, minat anak muda menjadi pengusaha masih sangat kecil.

"Dari riset saya saat jadi Ketua HIPMI, 83% mahasiswa itu pengin jadi karyawan, politisi dan LSM itu 14%, yang jadi pengusaha cuma 3%. Begitu ditanya mau kaya? Semuanya bilang mau kaya," pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini