Share

AS Masuk Investasi Terbesar di Indonesia, Bahlil: Ini Menarik!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 320 2538793 as-masuk-investasi-terbesar-di-indonesia-bahlil-ini-menarik-Q1YoDSc8tF.jpg Menteri Investasi Bahlil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi Penanaman Moda Asing (PMA) sebesar Rp122,3 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri Rp119,3 triliun.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan, Singapura masih menjadi penyumbang PMA terbesar ke Indonesia dengan nilai Investasi USD2,1 miliar. Kemudian disusul oleh Hongkong atau China USD 1,5 miliar dan posisi ketiga diisi oleh Amerika Serikat.

"Jadi ini menarik di mana Amerika Serikat dalam lima tahun terakhir tidak pernah masuk lima besar. Kali ini dia masuk posisi ke tiga USD 1,2 miliar," katanya dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022)

Dia memproyeksikan Amerika di 2022 akan masuk nominasi kembali di lima besar. Sebab, investasi berasal dari Amerika sedang besar-besarnya di Tanah Air.

"Investasi di airport, kemudian lagi investasi di freeport dan beberapa investasi lainnya," ujarnya.

Posisi keempat PMA terbesar bersal dari China yakni USD0,9 miliar. Kemudian untuk posisi lima besar dipegang oleh Jepang, dengan nilai investasi USD0,5 miliar.

"Jadi tidak benar jika investasi Indonesia hanya dari China. Jadi jangan lagi ada ngomong begitu," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini