Share

4 Sumber Kekayaan Mochtar Riady, Kakek 92 Tahun Berharta Rp24,3 Triliun

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 455 2539489 4-sumber-kekayaan-mochtar-riady-kakek-92-tahun-berharta-rp24-3-triliun-FKtCofu7k5.jpg Sumber Kekayaan Mochtar Riady. (Foto: Okezone.com/Bloomberg)

JAKARTA Sumber kekayaan Mochtar Riady berasal dari Lippo Group dan gurita bisnis yang lainnya. Dari Lippo Group. Mochtar Riady memiliki bayak bidang bisnis mulai dari properti, ritel, kesehatan, hingga pendidikan. Dia juga menduduki posisi 23 daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021.

Melansir dari Forbes real time net worth, Jakarta, Jumat (28/1/2022), Mochtar Riady dan keluarganya memiliki total kekayaan sebesar USD1,7 miliar atau sekitar Rp24,39 triliun.

Dan berikut sumber kekayaan Mochtar Riady yang dirangkum Okezone

1. Bisnis Keuangan dan Perbankan

Sebelum mendirikan Lippo Group, pria yang lahir 12 Mei 1929 ini pernah membuka toko sepeda saat usianya 22 tahun.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Mansa Musa, Orang Terkaya Sepanjang Masa Berharta Unlimited

Kemudian Mochtar Riady mulai membangun karier di perbankan. Banyak jasanya di bidang perbankan nasional, Mochtar Riady juga mendapat julukan The Magic Man of Bank Marketing dan mendirikan Lippo Bank pada tahun 1987 hingga sampai krisis ekonomi 1997.

Selain Lippo Bank Mochtar Riady juga memiliki emiten di bidang perbankan dan keuangan lainnya seperti PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU), PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI), PT Lippo Securities Tbk. (LPPS), dan PT Multipolar Tbk.

2. Properti dan Real Estate

Tak hanya perbankan dan keuangan, Lippo Group juga besar dari bisnis property dan real estatenya.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Johnny G Plate, Menteri yang Punya 20 Bidang Tanah

Lippo Group ini banyak mendirikan properti kelas atas baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti China dan Singapura. Properti tersebut antara lain perumahan, kondominium, perkantoran kelas A, pusat industri, hotel, golf.

Dan emiten Lippo Group dalam bidang properti yang terkenal di Indonesia seperti PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) dan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR).

3. Pemilik Perusahaan Ritel Terbesar

Tak sampai di situ, Mochtar Riady melalui Lippo Group juga memiliki 50% lebih saham salah satu ritel terbesar di Indonesia milik Hari Darmawan PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA).

Lippo Group juga memiliki pusat perbelanjaan besar di Indonesia. Salah satunya adalah Lippo Supermal, pusat perbelanjaan yang berdiri di tanah seluas 210.000 meter persegi.

4. Bidang Kesehatan hingga Pendidikan

Perusahaan keluarga konglomerat tersebut juga telah berekspansi ke bidang kesehatan. Tidak tanggung-tanggung untuk membangun rumah sakit kelas atas di Lippo Karawaci, perusahaannya menggandeng Gleneagles Hospital asal Singapura.

Tak hanya rumah sakit, Lippo Group membuka sektor pendidikan dengan didirikan sekolah Pelita Harapan. Bisnis lainnya, juga meliputi sektor media, periklanan, dan percetakan melalui PT Star Pacific Tbk. (LPLI) salah satu anak perusahaan Lippo Group.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini